Los Angeles (ANTARA News) - Film franchise horor "Saw" tak setajam biasanya, tapi lema (entry) yang ketujuh dan terakhir di dalam serial Halloween tahunan mampu menempati posisi teratas box office akhir pekan lalu di Amerika Utara, demikian perkiraan studio yang dikeluarkan pada Minggu (31/10).

Peluncuran "Saw VI" tahun lalu mengecewakan dengan hanya mengumpulkan 14,1 juta dolar AS. Film itu digilas oleh film menakutkan yang lebih baru "Paranormal Activity", sebagaimana dikutip dari Reuters.

"Saw 3 D" sudah hampri melampaui penghasilan pendahulunya dengan total 28 juta dolar AS.

Film keempat "Saw" sebelum itu dibuka dengan posisi nomor 1 dan masing-masing memiliki perolehan lebih dari 30 juta dolar AS. Film pertama di serial distribua Lionsgate dibuka di posisi ke-3 pada 2004 dengan 14,1 juta dolar AS.

Sebagian pengeritik telah mencela serial tersebut sebagai "porno siksaan", tapi "Saw" adalah salah satu franchise paling berhasil di Hollywood dengan penjualan DVD dan tiket di seluruh dunia menghasilkan 1 miliar dolar AS, demikian keterangan Lionsgate.

Biaya pembuatan film baru itu berjumlah kurang dari 20 juta dolar AS, harga paling tinggi buat serial beranggaran rendah, akibat tambahan biaya pengambilan gambar untuk 3D.

Sementara itu, film teratas pekan sebelumnya "Paranormal Activity 2" turun ke urutan ke-2 dengan pendapatan 16,5 juta dolar AS. Dalam 10 hari, sequel Paramount Pictures tersebut mengantungi 65,7 juta dolar.

Film Summit Entertainment yang menampilkan Bruce Willis "Red" berada di posisi ke-3 dengan penghasilan 10,8 juta dolar AS, dan total 58,9 juta dolar AS setelah tiga akhir pekan.

Mantan juara box office "Jackass 3D" merosto ke No.4 dengan 8,4 juta dolar pada akhir pekan ketiganya. Total lema ketiga produksi Paramount itu naik jadi 101,6 juta dolar, dan dengan mudah mengalahkan penghasilan "Jackass: Number Two" 2006, dengan hasil 73 juta dolar AS.

Drama supranatural sutradara Clint Eastwood "Hereafter", yang dibintangi Matt Damon, anjlok ke No.5, dengan 6,3 juta dolar AS pada akhir pekan keduanya setelah peluncuran. Penghasilan total film Warner Bros. tersebut berjumlah 22,2 juta dolar AS, jauh di bawah anggarannya yang diumumkan, yaitu 50 juta dolar AS.

Satu-satunya pendatang baru di 10 teratas ialah drama hukum Hillary Swank, produksi Fox Searchlight, "Conviction" --yang melompat 15 tempat ke No.10 dengan pemasukan 1,8 juta dolar AS pada akhir pekan pertama peluncurannya. Penghasilan totalnya mencapai 2,4 juta dolar AS.

Lionsgate adalah satu uni Lions Gate Entertainment Corp. Paramoun Pictures adalah uni Viacom Inc. Summit Entertainment adalah perusahaan swasta. Warner Bros. adalah satuan Times Warner Inc. Fox Searchlight Pictures adalah unit News Corp.
(ANT/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010