Surabaya (ANTARA) - DPW Partai NasDem Jawa Timur menyiagakan ambulans gratis khusus untuk pasien maupun jenazah yang terpapar COVID-19 sebagai wujud kepedulian di tengah pandemi.

“Ada lima unit ambulans disiapkan untuk membantu warga yang membutuhkan,” ujar Ketua DPW NasDem Jatim Sri Sajekti Jeanette di sela peluncuran ambulans di Kantor NasDem Jatim di Surabaya, Jumat sore.

Layanan fasilitas tersebut, kata dia, sengaja dikhususkan untuk membawa pasien dan jenazah yang terkonfirmasi COVID-19.

Baca juga: NasDem sebut PPKM taktik perang lawan COVID-19

“Bukan tidak mau melayani yang non-COVID, tapi ambulans untuk pasien COVID memang tidak bisa dicampur. Kami utamakan yang COVID dulu. Mudah-mudahan ke depan kami bisa melayani semuanya,” ucapnya.

Sebanyak lima mobil ambulans yang disediakan oleh Partai NasDem Jatim, rinciannya tiga unit ditempatkan di Sidoarjo, Bangkalan dan Gresik, kemudian dua unit disiagakan di Surabaya.

Politikus perempuan yang akrab dipanggil Bunda Janet tersebut kembali menegaskan bahwa ambulans bisa dipakai untuk membawa jenazah yang terkonfirmasi COVID-19 tanpa dipungut biaya apapun.

“Karena ini gratis, maka keluarga pasien tidak perlu membayar uang bensin, atau uang tol. Semuanya gratis dan tidak perlu sungkan. Ini adalah tanggung jawab sosial kami,” tuturnya.

Dalam misi kemanusiaan tersebut, kata Jaenette, Partai NasDem Jatim tak hanya sekadar pada fasilitas mobil ambulans, tapi juga membekali tim dengan terlatih secara teknis dan medis.

Sementara itu, Ketua Satgas COVID-19 NasDem Jatim Warsito memaparkan sebanyak melibatkan 20 kader dilibatkan, bahkan dilatih secara khusus oleh tim Satgas COVID-19 dari RSUD Dr Soetomo Surabaya dalam membawa pasien sesuai dengan standar operasional prosedur.

"Semua sudah terlatih. Ada sopir ambulans, ada yang membantu sopir, serta tenaga kesehatan. Kami benar-benar tidak sembarangan dan semua dibekali alat pelindung diri," kata dia.

Bagi yang membutuhkan ambulans tersebut, warga bisa menghubungi langsung call center Partai NasDem di nomor 08184211919 (untuk wilayah Surabaya), 081215671919 (Bangkalan), 082296261919 (Gresik) dan 081228601919 (Sidoarjo).

Baca juga: Nasdem Jabar bagikan ribuan paket makanan selama pandemi COVID-19
Baca juga: NasDem Jatim bagikan 64 ekor sapi ke ormas dan ponpes

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2021