Khusus Riau terpantau sore ini ada lima 'hostpot' warna kuning kategori sedang
Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Meteorologi SSK II Pekanbaru, Ramlan, melaporkan di Riau terdapat 5  titik panas berdasar data terbaru Jumat pukul 16.00 WIB.

"Khusus Riau terpantau sore ini ada lima 'hostpot' warna kuning kategori sedang, artinya kemungkinan kelima lokasi tersebut hanya merupakan titik panas," kata Ramlan di Pekanbaru, Jumat.

Baca juga: Tiga hektare lahan di Aceh Tengah dilaporkan terbakar

Dia mengatakan, pada lima lokasi tersebut hanya merupakan titik panas, karena kondisi cuaca saat ini masih berawan, dan sebagian kecil di wilayah Kepulauan Meranti, Kampar dan Inhil masih terjadi hujan ringan.

Sebelumnya, katanya lagi, terpantau enam titik panas berasal dari tiga daerah, yakni Kabupaten Bengkalis sebanyak tiga titik, Siak tercatat sebanyak dua titik panas, dan di Kota Dumai tercatat sebanyak 1 titik panas.

Baca juga: BPBD Riau pantau 4 titik panas di 3 daerah

Selain di Riau, beberapa provinsi lainnya di Sumatera juga terdapat titik panas, terbanyak yakni di Sumatera Utara yang tercatat sebanyak 14 titik panas.

Kemudian Bangka Belitung sebanyak delapan titik, Lampung tercatat 3 titik, Jambi dan Sumatera Barat masing-masing dua titik serta Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau masing-masing sebanyak 1 titik panas.

Baca juga: BMKG pantau ada 34 titik panas di Riau

"Jadinya total titik api di Sumatera hari ini mencapai 37 titik panas," katanya.

Karenanya masyarakat diimbau tidak lagi melakukan pembakaran lahan saat pembukaan lahan untuk perkebunan baru, karena dampaknya sangat buruk terhadap lingkungan.

Baca juga: Jumlah titik panas indikasi karhutla meningkat drastis di Riau
 

Pewarta: Frislidia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021