Sudin KPKP Jaktim panen kangkung 100 kg dari hasil "urban farming"

Sudin KPKP Jaktim panen kangkung 100 kg dari hasil "urban farming"

Sudin KPKP Jakarta Timur panen raya kangkung hasil pertanian kota di BPP Ujung Menteng, Jakarta, Jumat (6/8/2021). ANTARA/HO-Sudin KPKP Jakarta Timur

Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP) Jakarta Timur, panen sayuran kangkung sebanyak 100 kilogram dari hasil pertanian kota atau "urban farming" di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Ujung Menteng.

Baca juga: Balai Penyuluh Pertanian Ujung Menteng panen raya 90 kilogram sayur

Penyuluh Pertanian Kecamatan Cakung dan juga Pengelola BPP Ujung Menteng, Komar, mengatakan bahwa panen tersebut berasal dari kangkung yang telah ditanam sejak awal Juli 2021 lalu.

"Hari ini kami panen raya tanaman kangkung di BPP Ujung Menteng, dengan total sebanyak 100 kilogram," kata Komar kepada Antara di Jakarta, Jumat.

Komar mengatakan bahwa hasil panen raya kangkung dari urban farming di BPP Ujung Menteng tersebut selanjutnya dibagikan kembali kepada internal Sudin KPKP Jakarta Timur.

Baca juga: Kelompok Tani Fatmawati panen sayuran hasil pertanian perkotaan

"Sebagian hasil panennya juga dijual kembali untuk digunakan membeli bibit," ujar Komar.

Lebih lanjut, dia mengatakan sayur kangkung tersebut dijual kembali kepada kelompok tani dan masyarakat umum dengan harga Rp10.000. Komar juga berharap hasil panen raya kangkung itu dapat membawa manfaat bagi kesehatan masyarakat terlebih di tengah suasana pandemi COVID-19.

"Satu gabung (10 ikat) harganya Rp10.000. Satu gabung itu beratnya 4 kilogram," ujar Komar.

Baca juga: "Urban farming" tak sekedar manfaatkan lahan kosong

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Taufik Ridwan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Mentan bahas konsep pertanian perkotaan bersama Walkot Solo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar