Inspirasi dekorasi rumah dengan kerajinan bambu

Inspirasi dekorasi rumah dengan kerajinan bambu

Partisi bambu. Amazon.com

Jakarta (ANTARA) - Di masa pandemi, masyarakat diimbau untuk berdiam diri di rumah guna menerapkan social distancing, terlebih jumlah kasus saat ini yang melonjak cukup tajam di beberapa daerah. Hal ini membuat masyarakat tergerak untuk melakukan sesuatu yang kreatif di rumah, salah satunya mendekorasi ulang rumah. Tren mendekorasi kamar atau rumah cukup marak dilakukan oleh masyarakat Indonesia dalam beberapa waktu terakhir ini, mulai dari tipe dekorasi modern, minimalis, hingga yang terkesan menyatu dengan alam, dengan banyaknya tanaman yang diletakkan di luar maupun di dalam ruangan, serta penggunaan barang-barang yang juga terkesan alami.

Penggunaan kerajinan bambu juga mulai digemari sebagai salah satu bahan dekorasi rumah. Kerajinan bambu banyak menarik perhatian karena memiliki berbagai keunggulan seperti ringan, mudah dirawat, dan dapat berfungsi selayaknya produk dari bahan dasar kayu namun ramah lingkungan. Selain itu, kreativitas pengrajin bambu juga semakin meningkat, kini kerajinan bambu semakin beragam bentuknya dan memiliki gaya serta keanggunannya sendiri. Berikut beberapa tips untuk mendekorasi rumah dengan menggunakan kerajinan dari bambu, dikutip dari siaran resmi Bank DBS.

Baca juga: Lima kiat menata tanaman hias untuk segarkan suasana rumah

Baca juga: Tidak mudik? Hiasi rumah dengan ornamen agar cantik saat lebaran

 
Partisi bambu (Amazon.com)


Penggunaan partisi bambu sebagai pembatas ruangan
Kini, rumah bukan hanya sekedar menjadi tempat tinggal, tetapi berubah menjadi kantor, pusat kebugaran, atau bahkan tempat bermain bagi anak selama masa pandemi ini, karena kita diharuskan berkegiatan di dalam rumah saja. Sehingga, kebanyakan orang mulai mendekorasi ulang rumahnya untuk menyesuaikan kebutuhan fungsi rumahnya.

Sejak bertambahnya fungsi rumah selama masa pandemi COVID-19, pasti dibutuhkan juga ruang tambahan untuk melakukan aktivitas pribadi dan keluarga. Tanpa biaya dan usaha yang besar, Anda dapat memiliki ruang baru dengan menggunakan partisi bambu untuk membuat batas atau ruang tertentu di rumah. Selain tidak butuh biaya yang besar, partisi bambu juga dapat menambah nilai estetika rumahmu.
Hiasan bambu (Studiodapur.com)


Pemasangan hiasan bambu untuk memberi kesan asri
Menambahkan hiasan dari bambu juga dapat meningkatkan kesan asri seperti yang biasa kita lihat ketika sedang liburan di daerah-daerah di Indonesia. Selain mempercantik rumah, Anda juga dapat membantu pengrajin lokal dengan membeli karya-karya buatan tangan mereka, sekaligus membantu menggerakkan perekonomian nasional.

Kerajinan bambu selama ini dipandang sebelah mata karena biasanya dibuat dengan tergesa-gesa dan berkualitas rendah. Mayoritas dari masyarakat beranggapan bahwa kerajinan bambu berusia singkat, bahkan hanya sekali pakai. Berangkat dari hal ini, Studio Dapur hadir sebagai wirausaha sosial yang bekerja sama dengan pengrajin bambu di Desa Padakembang, Tasikmalaya untuk memotong siklus dengan berkolaborasi dengan pengrajin dalam memproduksi kerajinan bambu menjadi barang yang berkualitas tinggi yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi, sehingga para pengrajin mendapatkan penghasilan yang layak dan meningkatkan kualitas hidup para pengrajin.
Alat makan bambu (Studiodapur.com)


Pemakaian alat-alat makan dari bambu
Tidak hanya digunakan untuk mempercantik dekorasi di ruang makan, Anda juga dapat ikut ambil bagian dalam kampanye mengurangi penggunaan plastik dengan menggunakan peralatan makan dari bambu yang sedang ramai digalakkan.

Baca juga: Tips rancang rumah ala Scandinavian minimalism

Baca juga: Didiet Maulana merambah ke koleksi dekorasi rumah

Baca juga: Warna putih jadi tren produk rumah tangga selama pandemi COVID-19

 

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kilas NusAntara Malam

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar