BMKG perkirakan Sumsel tetap alami hujan di musim kemarau

BMKG perkirakan Sumsel tetap alami hujan di musim kemarau

Ilustrasi - Arsip foto - Sejumlah pengendara menembus hujan saat melintas di jalan Jenderal Sudirman Palembang, Sumatera Selatan. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/aww/pri.

Palembang (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Sumatera Selatan tetap mengalami hujan di musim kemarau (Agustus-September 2021) karena dipayungi fenomena Indian Ocean Dipole.

Kepala BMKG SMB II Palembang Desindra Deddy Kurniawan di Palembang, Sabtu, mengatakan, akibat pengaruh fenomena tersebut membuat terjadi pembentukan awan di Sumatera akibat adanya masa udara dari India sebelah barat yang masuk.

“Sehingga banyak uap air, walau sekarang ada musim kemarau tapi tetap ada hujan,” kata Desindra.

Baca juga: BMKG prakirakan potensi hujan lebat beberapa wilayah

Kondisi ini mengandung kemiripan dengan cuaca dan iklim yang terjadi di tahun 2020, namun curah hujan selama musim kemarau tersebut hanya berkisar 50 mm per dasarian atau tidak melebihi 150 mm dalam satu bulan atau kategori menengah.

Berkat adanya hujan ini, setidaknya turut membantu dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Desindra mengatakan sebelum adanya hujan kemarin (6/7) di sejumlah wilayah Sumsel, terdapat sejumlah titik panas (hotspot). Namun, karena ada hujan sudah dalam status hijau (aman).

Walau demikian, kewaspadaan tetap harus ditingkatkan, karena sejatinya karhutla itu terjadi disebabkan oleh 99 persen ulah manusia.

“Jadi kewaspadaan tetap harus ditingkatkan,” kata dia.

Berikut prakiraan cuaca wilayah Sumatera Selatan, Sabtu (7/8) :
- Pagi hari: Cerah Berawan.
- Siang - sore hari: Cerah Berawan – Berawan; potensi hujan petir di wilayah Prabumulih dan OKU; potensi hujan ringan di wilayah OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, OKI dan Ogan Ilir.
- Malam hari: Cerah berawan.
- Dini Hari: Cerah berawan dan berpotensi kabut.
- Suhu Udara: Wilayah Sumsel dataran rendah sekitar Palembang, Banyuasin, Musi Banyuasin, Ogan Ilir dan OKI: 24 – 33 °C, Kelembapan Udara 55% - 96 %.
Suhu Udara Wilayah Sumsel dataran tinggi sekitar Pagar Alam, Empat Lawang, Lubuk Linggau, Lahat dan OKU Selatan : 19 – 32 °C; Kelembapan Udara 60% - 99 %.
- Angin: Timur Laut – Tenggara dengan kecepatan 10 - 30 km/jam.
- Tinggi gelombang laut: Selat Gelasa 1,25 – 2.5 m; Selat Bangka bagian Selatan dan Selat Bangka bagian Utara 0.5 – 1.25 m; Cuaca: Berawan – Hujan Sedang; Arah angin: Timur Laut - Selatan dengan kecepatan 05 - 37 km/jam.
- Peringatan Dini Cuaca: Waspada potensi hujan sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada siang - sore hari di wilayah OKI, OKU, OKU Timur, OKU Selatan, Muara Enim, Prabumulih dan Musi Banyuasin.

Baca juga: BMKG prakirakan sejumlah daerah di Indonesia hujan ringan
Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang tinggi 6 meter di perairan Aceh

 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BMKG: Sinyal perubahan iklim akibat ulah manusia semakin nyata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar