Luhut: Semangat Bangga Buatan Indonesia konsisten hadir bagi UMKM

Luhut: Semangat Bangga Buatan Indonesia konsisten hadir bagi UMKM

Tangkapan layar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat menyampaikan sambutannya dalam seremoni pembukaan daring BBI Lokal Keren Jatim : Road to BRILIANPRENEUR 2021 di Jakarta, Sabtu (7/8/2021). ANTARA/Youtube BANK BRI.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan semangat Bangga Buatan Indonesia atau BBI konsisten hadir bagi UMKM.

"Saya melihat semangat Bangga Buatan Indonesia konsisten hadir bagi UMKM. Ini juga menjadi semangat kita untuk keluar dari situasi pandemi Covid-19. Sambil mengurangi dampak pandemi ini kita dorong digitalisasi," ujar Luhut dalam sambutan virtualnya di seremoni pembukaan BBI Lokal Keren Jatim : Road to BRILIANPRENEUR 2021 di Jakarta, Sabtu.

Menko Marves tersebut juga mengucapkan selamat atas peluncuran BBI Lokal Keren Jatim : Road to BRILIANPRENEUR 2021 yang telah menyuguhkan kemasan acara Bangga Buatan Indonesia atau BBI full virtual.

Di samping itu,  ia juga menyampaikan apresiasi kepada Menteri BUMN Erick Thohir, khususnya Bank BRI selaku campaign manager bersama pemerintah daerah, Wingsfood, Jayaboard, ecommerce serta pihak-pihak terkait lainnya yang telah mendukung acara tersebut.

Khusus bank BRI, bank Himbara tersebut juga telah menyiapkan website Lokal Keren Jatim dan khusus Bulan Agustus akan ada promo diskon di e-commerce.

Baca juga: Bangga Buatan Indonesia diharap bisa mendarah daging di masyarakat

Menko Marves juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan kesempatan ini dengan berbelanja sekaligus membantu pelaku UMKM. Luhut yakin produk Jawa Timur kualitasnya premium, namun demikian perlu juga mendorong penciptaan permintaan (demand) serta akses pasarnya.

"Untuk itu saya berharap kepada Pemerintah Daerah Jawa Timur, gubernur, walikota, serta bupati dan jajarannya semua mari kita mendukung para artisan lokal untuk menjadi brand ambassador produk daerah yang kita cintai ini.Ajak semua ASN beli keperluan sehari-hari produk dalam negeri," kata Luhut.

Menko Marves juga menambahkan bahwa BBI akan terus bergerak dari daerah ke daerah, adapun data sejak Mei 2020 hingga Juni 2021 telah mencapai 6,5 juta unit UMKM yang onboarding ke ecommerce sehingga total menjadi 14,5 juta unit UMKM. Selanjutnya harus terus didorong 15,5 juta unit UMKM lainnya untuk go digital hingga 2023 menjadi 30 juta unit UMKM yang onboarding.

"Kepada seluruh campaign manager dan kepala daerah mari kita capai target tersebut dan mendorong masyarakat untuk mengonsumsi produk-produk lokal. Bagi pelaku UMKM, semangat dan teruslah berkarya. Indonesia pasti hebat karena Anda sebagai tulang punggung ekonomi. Sedangkan untuk platform ecommerce mari bantu UMKM meningkatkan transaksinya," ujar Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atau bank BRI menggelar pameran virtual industri kreatif UMKM yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021 yang mengambil tema “Lokal Keren Jatim” guna mendorong pengembangan UMKM di ProvinsiJawa Timur.

Lokal Keren Jatim Road to BRILIANPRENEUR 2021 dilangsungkan selama sebulan penuh sejak tanggal 1-31 Agustus 2021 dan merupakan wujud nyata upaya BRI mendorong bangkitnya UMKM di Indonesia seiring dengan gerakan nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI). Seperti diketahui, BBI dicanangkan tahun lalu oleh pemerintah dengan tujuan mendukung dan mempromosikan produk lokal Indonesia.

Baca juga: BRI siap bantu akses pasar lebih luas bagi UMKM lewat Gernas BBI

Adapun pemerintah melalui Kementerian BUMN RI menunjuk BRI sebagai penyelenggara Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dan berkolaborasi dengan pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Dalam pameran kali ini, sebanyak 251 UMKM terpilih mewakili Jawa Timur dan terdiri dari beberapa bidang industri seperti fashion, makanan dan minuman, kerajinan dan dekorasi rumah, hingga aksesoris dan kecantikan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Adi Lazuardi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar