Liga Prancis

Clermont pecundangi Bordeaux dalam debutnya di kasta tertinggi Prancis

Clermont pecundangi Bordeaux dalam debutnya di kasta tertinggi Prancis

Dua bek Clermont, Akim Zedadka (kiri) dan Florent Ogier (kedua kanan) berusaha mengganggu pergerakan penyerang Bordeaux Jimmy Briand dalam laga pekan pembuka Liga Prancis 2021/22 di Stadion Matmut Atlantique, Bordeaux, Prancis, Minggu (8/8/2021). (ANTARA/AFP/Philippe Lopez)

Jakarta (ANTARA) - Clermont sukses mempecundangi tuan rumah Bordeaux dengan skor 2-0 dalam debutnya di kasta tertinggi Liga Prancis di laga pekan pembuka musim 2021/22 di Stadion Matmut Atlantique, Minggu.

Tampil agresif menguasai 55 persen pengendalian bola sepanjang laga, dua gol menit-menit akhir yang dicetak Mohamed Bayo dan Jodel Dossou jadi penyokong kemenangan Clermont, demikian catatan laman resmi Liga Prancis.

Kekalahan ini mencoreng laga debut Bordeaux di bawah arahan mantan pelatih tim nasional Swiss, Vladimir Petkovic, di mana enam tembakan tepat sasaran para pemainnya mampu dimentahkan oleh kiper tim tamu, Arthur Desmas.

Baca juga: Liga Prancis 2021/22 dibuka dengan Monaco diimbangi Nantes 1-1

Enock Kwateng nyaris membawa tuan rumah memimpin pada menit ke-22 dalam situasi sepak pojok, sayang sundulannya masih melayang tipis di atas gawang.

Clermont baru mulai menemukan ritme permainan mereka setelah 30 menit pertandingan berlangsung tetapi empat percobaan akurat dari Bayo, Dossou dan Jim Allevinah masih mampu dihentikan oleh kiper Benoit Costil.

Semenit jelang turun minum, Bordeaux yang sedikit kesulitan menembus disiplin lini pertahanan Clermont berusaha memecahkan kebuntuan dengan spekulasi jarak jauh sayang tembakan Isoouf Sissokho bisa diamankan Desmas.

Kebuntuan baru pecah pada menit ke-82 saat umpan sundulan Elbasan Rashani diselesaikan dengan sontekan sempurna jarak dekat Bayo demi membawa Clermont memimpin.

Bordeaux nyaris menyamakan kedudukan dua menit jelang bubaran waktu normal, tetapi Desmas sekali lagi unjuk kemampuan untuk menghentikan bola sundulan Sekou Mara menyambut umpan silang Sissokho.

Baca juga: Lyon ditahan seri 1-1 oleh Brest

Pada menit ketiga injury time Clermont justru melengkapi kemenangan mereka jadi 2-0 setelah memanfaatkan sebuah serangan cepat yang diakhiri sepakan kaki kiri Dossou.

Di pertandingan putaran kedua, Clermont akan menjamu sesama tim promosi Troyes di Stadion Gabriel-Montpied pada Minggu (15/8) pekan depan, sedangkan Bordeaux bertandang ke markas Marseille.


Angers tundukkan Strasbourg

Dalam pertandingan pekan pembuka lainnya yang berlangsung bersamaan di Stadion Meinau, Angers mampu menundukkan tuan rumah Strasbourg dengan skor 2-0.

Ismael Traore membawa Angers memimpin lewat gol sundulan pada menit ke-57, sebelum sontekan jarak dekat Stephane Bahoken melengkapi kemenangan tim tamu.

Baca juga: Di tengah spekulasi Messi, PSG awali musim dengan taklukkan Troyes 2-1

Dua pertandingan lain yang berlangsung berbarengan berakhir imbang. Di Stadion Geoffroy-Guichard, tuan rumah AS Saint-Etienne butuh gol eksekusi penalti Wahbi Khazri untuk mengimbangi Lorient 1-1.

Sedangkan Allianz Riviera, Christophe Galtier yang membawa Lille juara musim lalu mengawali tenor kepelatihannya bersama OGC Nice dengan hasil imbang 0-0 melawan Reims.

Satu pertandingan pekan pembuka lain yang dilangsungkan lebih dini di Stadion Roazhon Park antara Rennes kontra RC Lens berakhir imbang 1-1.

Tuan rumah memimpin lebih dulu melalui Kamal Sulemana pada menit ke-14 tetapi Lens menjawab cepat lewat Seko Fofana lima menit kemudian.

Baca juga: PSG di ambang rekrut Lionel Messi
Baca juga: PSG perpanjang kontrak Mauricio Pochettino hingga 2023
Baca juga: Justin Kluivert siap merumput bersama Nice musim ini

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar