Piala Jerman

Tim kasta ketiga Mannheim singkirkan Frankfurt dari DFB Pokal

Tim kasta ketiga Mannheim singkirkan Frankfurt dari DFB Pokal

Ilustrasi pertandingan putaran pertama Piala DFB Pokal antara tim kasta keempat Waldhof Mannheim melawan Eintracht Frankfurt yang berlangsung pada Minggu (8/8/2021). (ANTARA/Gilang Galiartha)

Jakarta (ANTARA) - Tim kasta ketiga Waldhof Mannheim menciptakan kejutan dengan menyingkirkan Eintracht Frankfurt dari putaran pertama Piala DFB Pokal seusai menang 2-0 atas tamunya itu di Stadion Carl-Benz, Jerman, Minggu.

Kemenangan Mannheim dua gol cepat yang dicetak Marcel Seegert serta Joseph Boyamba di awal-awal babak kedua dan Frankfurt yang sejak menit ke-62 harus tampil dengan 10 pemain kesulitan membalas, demikian catatan laman resmi DFB.

Frankfurt, yang relatif dominan hingga 20 menit awal pertandingan, nyaris membuka keunggulan pada menit ke-47 sayang sepakan kaki kanan Danny da Costa mampu dimentahkan kiper Timo Koenigsmann.

Semenit berselang justru tuan rumah yang mampu mencuri keunggulan lewat situasi sepak pojok yang diakhiri tandukan tajam Seegert menyambut umpan silang kiriman Marc Schanetterer.

Keunggulan Mannheim segera digandakan oleh Boyamba pada menit ke-52, menyelesaikan umpan kiriman Dominik Martinovic.

Baca juga: Hattrick Haaland bawa Dortmund lalui mulus Piala Jerman

Upaya Frankfurt bangkit membalas harus mendapat ganjalan berat setelah Martin Hinteregger menerima kartu kuning kedua pada menit ke-62 dan dengan 10 pemain di lapangan mereka tak mampu mencetak satu pun gol balasan.

Frankfurt jadi tim kasta tertinggi Liga Jerman kedua yang jadi korban kejutan di putaran pertama Piala DFB Pokal. Sebelumnya pada Sabtu (7/8), tim promosi Greuther Fuerth harus undur diri setelah kalah adu penalti lawan tim strata keempat SV Babelsberg.


Mainz dan Cologne butuh adu penalti

Dalam rangkaian pertandingan putaran pertama DFB Pokal yang berlangsung Minggu malam, sejumlah tim kasta tertinggi lainnya bisa melaju termasuk FSV Mainz dan FC Cologne yang membutuhkan adu penalti untuk lolos.

Melawat ke markas SV 07 Elversberg, Mainz main imbang 2-2 setelah dua kali tertinggal dari tim kasta keempat itu di waktu normal dan babak tambahan. Mainz memenangi adu penalti 8-7 setelah eksekusi algojo kedelapan tuan rumah Laurin von Piechowski membentur mistar gawang.

Baca juga: Pelatih baru Leipzig catat kemenangan pertama pada Piala Jerman

Di Erns-Abbe-Sportfeld, Cologne harus menjalani adu penalti setelah diimbangi Carl Zeiss Jena 1-1 hingga 2x15 menit babak tambahan waktu. Saat adu penalti, dua algojo pertama Jena gagal, sementara empat penendang Cologne sukses untuk lolos dengan kemenangan adu penalti 4-2.

Tim-tim kasta tertinggi Bundesliga lainnya, yakni Union Berlin, VfL Wolfsburg dan Hertha Berlin mampu melenggang lolos ke putaran kedua.

Union menang tipis 1-0 atas Turkgucu Muenchen berkat gol Max Kruse, Wolfsburg menundukkan Preussen Muenster 3-1 dan Hertha mengatasi Meppen 1-0.

Sementara itu, Schalke 04, Fortuna Duesseldorf dan Jahn Regensburg juga mampu melangkah dari putaran pertama DFB Pokal.

Baca juga: Daftar juara DFB Pokal: Dortmund tim kelima kumpulkan lima trofi
Baca juga: Direktur Bayern Muenchen akui tertarik mendatangkan Erling Haaland
Baca juga: Pelatih Bayern Muenchen yakin Leon Goretzka bakal teken kontrak baru

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar