Jakarta (ANTARA) - Cuaca mayoritas kota besar di Indonesia pada Senin siang berawan atau cerah berawan menurut prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Kota besar yang hari ini berawan, menurut siaran prakiraan cuaca BMKG, meliputi Kota Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Bandung, Semarang, Banjarmasin, Palangkaraya, Bandar Lampung, Jayapura, Manokwari, dan Makassar.

Wilayah Kota Denpasar, Gorontalo, Jambi, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Mataram, Kupang, Pekanbaru, Mamuju, Kendari, Palembang, dan Medan diprakirakan cerah berawan dan cuaca Kota Surabaya diprakirakan cerah.

Sedangkan Kota Serang, Ambon, Ternate, dan Padang diprakirakan menghadapi hujan ringan, Kota Banda Aceh berpeluang menghadapi hujan disertai petir, serta Kota Pontianak dan Manado berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang.

BMKG menyampaikan peringatan dini mengenai potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Aceh, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang diprakirakan terjadi di Sumatera Utara, Riau, Lampung, DKI Jakarta, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Selatan.

Sementara wilayah Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur berpotensi menghadapi angin kencang.

Baca juga:
Waspadai potensi hujan-petir di beberapa wilayah Jakarta pada Senin
BMKG Ambon: Waspadai potensi cuaca buruk hingga 13 Agustus


Pewarta: Indriani
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021