Kominfo dukung TikTok rayakan HUT RI lewat kreasi #BerjuangBerkreasi

Kominfo dukung TikTok rayakan HUT RI lewat kreasi #BerjuangBerkreasi

Ilustrasi program TikTok Indonesia #BerjuangBerkreasi untuk rayakan hari Kemerdekaan Indonesia yang didukung Kementerian Kominfo. (ANTARA/HO/TikTok Indonesia)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mendukung gerakan kreativitas yang diselenggarakan salah satu platform digital berbagi video singkat yaitu TikTok untuk mengajak masyarakat Indonesia merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-76 di rumah saja dengan kampanye #BerjuangBerkreasi.

"Perayaan kemerdekaan merupakan momentum yang penting untuk diperingati, karena dapat membangkitkan kembali nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme bangsa. Berkat kemajuan teknologi, perayaan ini kini bisa dilakukan secara virtual dan justru bisa menjangkau seluruh warga Indonesia dari Sabang sampai Merauke, seperti yang dilakukan TikTok melalui program #BerjuangBerkreasi ini," ujar Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Ferdinandus Setu dalam keterangannya, Senin.
​​
Baca juga: Maju Bareng TikTok dorong UKM digital lewat pelatihan

Program #BerjuangBerkreasi di TikTok meliputi berbagai kegiatan untuk masyarakat. Tak terkecuali kompetisi TikTok untuk para wartawan yang berasal dari Indonesia.

Tidak hanya itu akan ada kegiatan diskusi bernama “TikTok Talk” yang dilakukan bersama kreator yang melestarikan budaya khas Indonesia melalui video singkat. Dari segi dukungan bagi UMKM lokal ada juga dan program belanja Merdeka Sale bersama jenama- jenama lokal.

TikTok juga mengajak seluruh pengguna untuk mengikuti tantangan seru di dalam aplikasi, antara lain kompetisi #BerjuangBerkreasi untuk pengguna yang berkarya dengan cara masing-masing, serta remake tantangan #WelcomeToIndonesia yang dipandu oleh penampilan musikal dari sejumlah kreator musik di TikTok.

Semua kemeriahan itu diharapkan bisa menawarkan cara baru bagi masyarakat merayakan hari kemerdekaan di tengah pandemi.

Program #BerjuangBerkreasi ini sejalan dengan tema "Indonesia Tumbuh, Indonesia Tangguh" yang diusung pemerintah untuk Peringatan Ulang Tahun ke-76 Republik Indonesia.

Tema itu dapat menggambarkan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

"Tema ini sangat menggambarkan semangat yang ada di platform TikTok, di mana pengguna dari berbagai daerah saling bersatu dan menyemangati di tengah kondisi yang serba tak menentu ini. Program #BerjuangBerkreasi ini menjadi perayaan bagi pengguna dan seluruh bangsa Indonesia, termasuk para pebisnis, wartawan, dan pengguna individu untuk menumbuhkan rasa bangga terhadap bangsa kita, termasuk budaya Indonesia," kata Head of Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra.

Kerjasama juga dilakukan dengan pengembang aplikasi digital lainnya, kali ini TikTok bekerjasama dengan platform streaming musik Spotify menghadirkan tantangan menarik bertajuk #MusikIndonesiadiSpotify.

Tantangan ini menguji kemampuan para pengguna mengenal lagu- lagu lokal yang populer di Indonesia. Ada pun para musisi yang terlibat dalam kolaborasi unik ini adalah Pamungkas, Hindia, Nadin Hamizah, dan dua musisi ahli tembang Jawa yaitu Guyon Waton serta Woro Widowati.

Perayaan puncak program #BerjuangBerkreasi akan diselenggarakan secara meriah di program khusus INBOX di salah satu televisi swasta pada tanggal 15 Agustus 2021. Acara ini akan dipandu oleh Yuki Kato dan Fero Walandouw, serta diramaikan oleh top kreator TikTok dan juga sejumlah selebritis, seperti Ziva Magnolya, UNIT1Y, hingga Cakra Khan.

Baca juga: TikTok beri akses edukasi pemasaran digital gratis untuk UMKM

Baca juga: TikTok prediksi "Shoppertainment" dominasi mega sales "e-commerce"

Baca juga: Instagram resmi hadirkan Reels di Indonesia


Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar