Calhaj Pesawaran Siap Diberangkatkan

Calhaj Pesawaran Siap Diberangkatkan

Ilustrasi Pemberangkatan Jemaah Haji. (ANTARA/Ampelsa)

Pesawaran, Lampung (ANTARA News) - Sebanyak 42 calon haji (calhaj) Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung, siap diberangkatkan menuju Tanah Suci pada 8 November mendatang.

"Tahun 2010 ini Pesawaran akan memberangkatkan 42 calon haji, mereka berasal dari Kecamatan Gedongtataan, Negeri Katon, Kedondong dan Kecamatan Padangcermin," ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran, Mukarom Ibrahim, di Pesawaran, Rabu.

Ia mengatakan, sudah ke tiga kalinya pihaknya mengirimkan jemaah haji, tahun sebelumnya sebanyak 40 orang sedangkan untuk tahun ini meningkat sebanyak 42 orang jemaah.

"Pemberangkatan calhaj tersebut akan dilakukan bersamaan dengan Kabupaten Lampung Selatan, sedangkan untuk pemberangkatan resmi daerah itu masih menunggu hingga tahun 2014 mendatang," kata dia.

Rata-rata jemaah haji Pesawaran, sambung dia, mayoritas berusia 51 tahun ke atas sedangkan yang masih di bawah hanya berjumlah tujuh orang.

"Sedikitnya calon jemaah haji asal daerah itu masih banyak yang mendaftarkan diri di luar Kabupaten Pesawaran seperti mendaftar di Bandarlampung, Tanggamus, Metro dan Lampung Selatan," terang dia.

Saat pendaftaran beberapa bulan yang lalu, ia menerangkan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran belum definitif dan masih bergabung dengan Lampung Selatan.

Namun ke depan tahun 2011, sambungnya, pihaknya sudah bisa melayani masyarakat Pesawaran untuk mendaftarkan diri melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pesawaran.

Ia menambahkan, para calon jemaah haji yang akan berangkat asal Pesawaran sudah siap semua, pemeriksaan kesehatan juga telah dilakukan, bimbingan tata cara melaksanakan ibadah haji dan perbekalan-perbekalan yang terkait pelaksanaan haji lainnya juga telah diberikan.

Terkait pemberangkatan, ia menambahkan, calon jemaah haji akan didampingi tim pemberangkatan haji daerah (TPHD) sebanyak satu orang, tim Pemberangkatan Haji Indonesia (TPHI) sebanyak satu orang dan tim medis dari Dinas Kesehatan Pesawaran satu orang.

Berdasarkan data, 42 calon jemaah haji itu berasal dari Kecamatan Gedongtataan sebanyak enam orang, Kecamatan Negeri Katon sebanyak enam orang, Kecamatan Kedondong sebanyak tujuh orang dan Kecamatan Padangcermin 23 orang Jemaah haji Pesawaran terdaftar dikloter 47 yang akan berangkat pada tanggal 8 November mendatang bergabung dengan Kabupaten Induk Lampung Selatan.

(ANT-050/T013/S026)

Pewarta: NON
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Ini sikap resmi Indonesia atas penghentian sementara umrah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar