Pekanbaru (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara V (PTPN V) meraih penghargaan The Best Governance, Risk and Compliance/GRC (tata kelola perusahaan yang baik, manajemen risiko, dan manajemen kepatuhan) 2021 untuk kategori Agro Business Industries, serta dikukuhkannya Chief Executive Officer (CEO) PTPN V Jatmiko K Santosa sebagai The Best CEO 2021.

"GRC tidak sekedar pemenuhan perundangan dan administrasi, dengan transformasi dalam dua tahun terakhir penerapan GRC dengan role model yang dapat diteladani menjadi pendorong untuk berbagai catatan baik PTPN V," kata Chief Executive Officer (CEO) PTPN V Jatmiko K Santosa melalui pernyataannya di Pekanbaru, Selasa.

Dikatakannya, praktik penerapan GRC di PTPN V yang semakin kuat sejak beberapa tahun belakangan berbanding lurus dengan kinerja perusahaan.

Dari sisi produktivitas tandan buah segar (TBS), lanjut dia, PTPN V memecahkan rekor tertinggi mencapai 23,87 ton per hektare. Angka tersebut di atas standar industri nasional.

Dari sisi finansial, PTPN V juga berhasil mencatatkan kinerja gemilang dengan memecahkan rekor pendapatan bersih tertinggi sepanjang sejarah. Sepanjang 2020 lalu, laba bersih PTPN V mencapai Rp417 miliar atau melonjak lebih dari 600 persen dibandingkan 2019 sebesar Rp67 miliar.

"Paradigma baru, transformasi SDM dan teknologi serta inovasi, akan terhenti di permukaan tanpa trust dan engagement dari seluruh karyawan. Maka menyampaikan mimpi bersama secara repetitive, walk the talk serta memberi keteladanan menjadi salah satu jalan agar GRC semakin efektif," urainya.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2021, Irnanda Laksanawan menjelaskan iven ini merupakan kegiatan perangkingan korporasi tahunan di bidang tata kelola perusahaan yang baik, manajemen risiko, dan manajemen kepatuhan (GRC).

Melalui program tersebut, dia berharap perusahaan akan lebih terdorong untuk mematuhi tata kelola perusahaan yang baik secara internal maupun terhadap para stakeholder.

"Kita memberikan penghargaan berupa bintang lima dan bintang empat. Untuk yang bintang lima itu artinya telah menerapkan bisnis model reinvention. Sedangkan untuk bintang empat, berada dalam on track menuju ke arah sana," paparnya.

PTPN V berhasil menjadi salah satu yang terbaik setelah menjalani serangkaian penilaian ketat bersama lebih dari 200 perusahaan di Indonesia. Penghargaan GRC and Performance Excellence Award 2021 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia dengan melibatkan pakar profesional di bidang good corporate governance (GCG).

Beberapa kriteria penilaian meliputi, perusahan yang memiliki komitmen tinggi dalam implementasi good corporate governance (GCG) hingga strategi yang dilakukan oleh para CEO dalam menghadapi krisis ekonomi global dan domestik di masa pandemi COVID-19.

Penilaian juga turut mengambil berat tentang upaya transformasi digital yang dijadikan sebagai kunci sukses dalam penerapan GRC di korporasi untuk mendukung kesuksesan, serta tata kelola dan mitigasi risiko yang sudah dilakukan di perusahaan agar menjadi korporasi terpercaya juga menjadi bagian dari penilaian oleh para dewan juri dan pakar.

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Royke Sinaga
Copyright © ANTARA 2021