MPR: Sidang Tahunan jadi momentum sampaikan pesan kebangsaan

MPR: Sidang Tahunan jadi momentum sampaikan pesan kebangsaan

Ketua MPR, Bambang Soesatyo (baju kuning), memimpin Rapat Gabungan Pimpinan MPR dengan Fraksi MPR dan Kelompok DPD, di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa. ANTARA/MPR.

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR, Bambang Soesatyo, mengatakan, pelaksanaan Sidang Tahunan MPR pada Senin (16/8) akan menjadi momentum bagi MPR untuk menyampaikan berbagai pesan kebangsaan khususnya dalam penanggulangan pandemi Covid-19.

"Penanggulangan pandemi tidak boleh hanya berfokus pada aspek kesehatan dan perekonomian saja namun juga turut menyertakan aspek penguatan kehidupan berbangsa dan bernegara," kata dia, di Jakarta, Selasa.

Hal itu dia katakan usai memimpin Rapat Gabungan Pimpinan MPR dengan Fraksi MPR dan DPD, di Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa.

Baca juga: MPR pastikan sidang tahunan tetap dilaksanakan tanggal 16 Agustus

Ia menilai di tengah kondisi keprihatinan akibat pandemi Covid-19, kohesi sosial dan soliditas kebangsaan justru menjadi titik rawan dan krusial. Karena itu menurut dia, penguatan dan pembangunan karakter bangsa harus terus diperjuangkan agar menjadi semangat kolektif di tengah-tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Salah satunya melalui vaksinasi ideologi dengan menggencarkan Sosialisasi Empat Pilar MPR sehingga sangat tepat jika dalam pelaksanaan Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, juga dilakukan vaksinasi Covid-19. Selain lebih efektif dan efisien, juga lebih mudah mengorganisir warga karena setiap anggota MPR RI sudah memiliki basis massa di daerah pemilihannya masing-masing," ujarnya.

Baca juga: FPKS apresiasi optimisme Presiden saat pandemi COVID-19

Ia menjelaskan, dalam Sidang Tahunan MPR, Presiden Joko Widodo akan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugas dan kewenangannya selama setahun terakhir.

Menurut dia, laporan kinerja lembaga-lembaga negara itu diharapkan rakyat bisa mendengarkan sekaligus mengevaluasi kinerja kelembagaan pemerintahan atau lembaga negara.

Ia juga mengatakan, jumlah undangan Sidang Tahunan MPR mencapai 1.125 undangan, terdiri dari 60 undangan yang hadir secara fisik, 975 undangan yang hadir secara virtual, dan 90 undangan melalui streaming.

Baca juga: MPR: Ketahanan pangan 2021 artinya rakyat tidak usah cemas soal makan

"Undangan hadir fisik antara lain untuk presiden, wakil presiden, para menteri koordinator, menteri sekretaris negara, menteri sekretaris kabinet, menteri keuangan, menteri perencanaan pembangunan/kepala Bappenas, panglima TNI, dan kepala Kepolisian Indonesia, serta ketua BPK, ketua MA, Kktua MK, dan ketua KY," katanya.

Rapat Gabungan Pimpinan MPR dengan Fraksi MPR dan Kelompok DPD itu berlangsung secara luring dan dari yang dihadiri antara lain para wakil ketua MPR yaitu Ahmad Basarah, Lestari Moerdijat, Jazilul Fawaid, Syarifuddin Hasan, Hidayat Nur Wahid, Zulkifli Hasan, Arsul Sani, dan Fadel Muhammad.

Baca juga: Ketua Fraksi Golkar MPR ajak warga terapkan protokol kesehatan

Selain itu juga dihadiri Ketua Fraksi Golkar MPR, Idris Laena, Sekretaris Fraksi Gerindra MPR, Elnino Mohi, Sekretaris Fraksi NasDem MPR, Syarief Abdullah Alkadrie, Sekretaris Fraksi PKB MPR, Neng Eem Marhamah, Ketua Fraksi Demokrat MPR, Benny K Harman, Ketua Fraksi PKS MPR, Tifatul Sembiring, Ketua Fraksi PAN MPR, Jon Erizal, Bendahara Fraksi PPP MPR, Syamsurizal, dan Ketua Kelompok DPD di MPR, Intsiawati Ayus.

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Wakil Ketua MPR sarankan capres pernah pimpin lingkup daerah

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar