Sebelumnya kampus STAIN Teungku Dirundeng masih berstatus cukup dan nilai baik sekali ini diperoleh setelah dilaksanakan asesmen lapangan oleh tim assesor BAN-PT Jakarta secara daring pada tanggal 23-24 Juli 2021
Meulaboh, Aceh (ANTARA) - Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh berhasil meraih predikat akreditasi baik sekali dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Prestasi dan pencapaian ini tentu tidak terlepas dari kerja keras seluruh tim yang telah bekerja keras, berjuang bersama hingga memperoleh hasil baik sekali dari BAN-PT,” kata Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Dr Inayatillah, M.Ag, Selasa, di Meulaboh.

Ia menjelaskan sebelumnya kampus STAIN Teungku Dirundeng masih berstatus cukup dan nilai baik sekali ini diperoleh setelah dilaksanakan asesmen lapangan oleh tim assesor BAN-PT Jakarta secara daring pada tanggal 23-24 Juli 2021 lalu.

Pencapaian tersebut, kata dia, tidak terlepas dari kerja keras banyak pihak yang terlibat sejak awal penyusunan instrumen akreditasi (Borang), hingga proses asesmen lapangan yang dilakukan tim assesor dari pusat.

Ia menambahkan saat ini hanya ada dua kampus di wilayah pantai barat selatan Aceh yang memperoleh akreditasi baik sekali dengan instrumen akreditas (borang) sesuai standar BAN-PT.

Di antaranya Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh dan STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh Kabupaten Aceh Barat.

Dengan raihan prestasi tersebut, Inayatillah mengatakan hal tersebut adalah sesuatu hal yang patut disyukuri, sebab akreditasi sangat penting bagi sebuah perguruan tinggi, mahasiswa serta alumni, karena akreditasi menjadi sebuah tolok ukur standar mutu perguruan tinggi.

"Raihan ini tentunya akan memberikan dampak yang baik bagi kampus. Sebab, akreditasi dari BAN-PT merupakan jaminan bahwa kampus telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan," katanya menambahkan.

Dia juga berharap apa yang sudah diraih tersebut menjadi awal yang baik bagi STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh untuk terus berupaya meningkatkan kualitas, sehingga mampu menghasilkan lulusan terbaik yang mampu bersaing dan memberikan kontribusi bagi agama dan negara.

Untuk itu, ia meminta kepada seluruh civitas akademika kampus untuk terus berpacu memperjuangkan apa yang telah menjadi cita-cita STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh.

"Kita harus terus berjuang, mewujudkan cita-cita bersama untuk menjadikan STAIN Tengku Dirundeng Meulaboh menjadi kampus unggul, yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman, dan menuju perubhan menjadi IAIN Meulaboh,” demikian Inayatillah.

.Baca juga: STAIN Meulaboh Aceh gelar kuliah daring internasional perdana

Baca juga: STAIN Meulaboh sediakan kuota beasiswa hafidz Quran

Baca juga: MA kabulkan kasasi Kemenag dalam sengketa lahan Kampus STAIN Meulaboh

Baca juga: Lulusan STAIN Meulaboh diharapkan kuasai teknologi digital

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021