Saya mewakili Panglima TNI menyerahkan bantuan 100 oksigen konsentrator kepada Provinsi Sumut. Bantuan ini tidak hanya di Sumut saja, tadi juga kami baru menyerahkan ke Padang, Sumatera Barat
Medan (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto memberikan bantuan alat kesehatan berupa oksigen konsentrator sebanyak 100 unit kepada Provinsi Sumatera Utara yang diperuntukkan untuk penanganan pasien COVID-19.

Bantuan tersebut diterima pada Selasa, di Pangkalan Udara Militer (Lanud) Soewondo, Medan, yang dibawa dengan menggunakan satu pesawat transport A-1319 Hercules TNI AU.
 
"Saya mewakili Panglima TNI menyerahkan bantuan 100 oksigen konsentrator kepada Provinsi Sumut. Bantuan ini tidak hanya di Sumut saja, tadi juga kami baru menyerahkan ke Padang, Sumatera Barat," kata Kasdam I Bukit Barisan Brigjen TNI Didied Pramudito.
 
Ia menyebutkan bahwa bantuan itu merupakan wujud kepedulian TNI serta mendukung pemerintah dalam penanganan kasus COVID-19 di Indonesia.

"Ini salah satu bentuk kepedulian Panglima TNI kepada seluruh wilayah Indonesia dengan menyalurkan bantuan oksigen konsentrator," katanya.

Pihaknya berharap bantuan yang diberikan itu dapat membantu seluruh rumah sakit rujukan COVID-19 di Sumut dalam menangani pasien COVID-19 selama pandemi.
 
"Mudah-mudahan kekurangan oksigen semoga paling tidak terbantu. Kita berharap ke depannya lebih baik lagi," katanya.
 
Bantuan oksigen konsentrator ini, kata Didied Pramudito, nantinya akan didistribusikan ke 32 kabupaten/kota di Sumut untuk penanganan pasien COVID-19.
 
"Bantuan ini sudah didahului semalam, untuk Kota Medan 100. Jadi yang 100 ini akan didistribusikan kepada 32 kabupaten/kota lainnya dan beberapa rumah sakit di Medan di luar yang dikelola Pemerintah Kota Medan," kata Staf Ahli Gubernur Sumut Agus Tri Priono.
 
Penyerahan bantuan tersebut turut dihadiri Wali Kota Medan Bobby Nasution, Ketua DPRD Sumut Baskami Ginting dan sejumlah pejabat lainnya.

Baca juga: TNI kirim 190 konsentrator oksigen ke Kalimantan dan Sulawesi
 
Baca juga: BC Batam percepat distribusi oksigen ke Medan
 

Pewarta: Nur Aprilliana Br. Sitorus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021