Kulon Progo modifikasi tempat pendingin untuk Moderna

Kulon Progo modifikasi tempat pendingin untuk Moderna

Petugas medis Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) memperlihatkan vaksin Moderna untuk tenaga kesehatan di Banda Aceh, Aceh, Senin (9/8/2021). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/rwa.

Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, masih memodifikasi tempat pendingin atau lemari pendingin yang akan digunakan untuk menyimpan vaksin jenis Moderna yang diperuntukkan vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kulon Progo Baning Rahayujati di Kulon Progo, Selasa, mengatakan Pemkab Kulon Progo juga sama dengan kabupaten/kota di DIY akan segera melakukan vaksinasi dosis ketiga bagi tenaga kesehatan dan ibu hamil dengan menggunakan vaksin jenis Moderna.

"Hanya saja di Kulon Progo masih ada sedikit kesulitan untuk tempat pendingin (freezer) karena vaksin yang digunakan untuk dosis ketiga bagi tenaga kesehatan menggunakan vaksin Moderna. Vaksin jenis ini harus disimpan dalam suhu minus 20 derajat celcius atau dalam bentuk beku," kata Baning.

Ia mengatakan di gudang farmasi Kulon Progo, pihaknya sedang memodifikasi salah satu dari lemari pendingin yang bisa diseting menjadi minus 20 derajat celcius. Vaksin jenis Moderna ini perlakuannya berbeda dengan vaksin jenis Sinovac dan Astazenaca yang bisa disimpan dalam lemari pendingin dengan suhu dua sampai delapan derajat celcius.

Baca juga: Gunakan Moderna, nakes di Bantul-DIY disiapkan vaksinasi dosis tiga

Baca juga: RSUD Mataram: 40 nakes ditunda divaksinasi dosis ketiga


"Kami tidak menghendaki kualitas vaksin rusak karena kegiatan vaksinasi akan dilaksanakan segera setelah kita menyiapkan sarana dan menyiapkan juru vaksinnya. Hal ini dikarenakan teknis vaksinnya berbeda dari suhu beku untuk disuntikkan. Sehingga kami harus melakukan persiapan itu, termasuk mengatur vaksinasi bagi ibu hamil karena vaksinnya sama," katanya.

Baning mengatakan vaksinasi bagi tenaga kesehatan rencananya akan dilaksanakan pada Agustus ini. Adapun total sasaran vaksinasi tenaga kesehatan masih sama, yakni 3.463 sasaran. "Semoga tidak ada kendala teknis, sehingga pelaksanaan vaksin dosis ketiga bagi tenaga kesehatan bisa dilaksanakan pada Agustus ini," katanya.*

Baca juga: 11.556 tenaga kesehatan Kepri mulai divaksinasi Moderna

Baca juga: Stok vaksin Moderna kurang, Menkes Korsel minta maaf

Pewarta: Sutarmi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden resmikan Yogyakarta International Airport

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar