Bandara Sentani Jayapura siap dukung PON XX

Bandara Sentani Jayapura siap dukung PON XX

Salah satu lokasi di Bandara Sentani Jayapura yang diperindah untuk menyambut PON XX Papua. (Angkasa Pura I)

Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) memperindah Bandara Sentani Jayapura untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi mengatakan, hingga 3 Agustus lalu, progress memperindah Bandara Sentani mencapai 11,38 persen, dan ditargetkan selesai pada September 2021 untuk mendukung penyelenggaraan PON XX pada Oktober 2021 mendatang.

"Angkasa Pura I mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional ke-XX di Papua pada tahun ini. Hal dilakukan melalui beautifikasi terminal penumpang Bandara Sentani Jayapura yang hingga 3 Agustus lalu mencapai 11,53 persen," kata Faik Fahmi dalam keterangannya, Selasa.

Baca juga: Prokes yang jelas di Olimpiade jadi pembelajaran untuk PON Papua

Adapun proses memperindah terminal dilakukan dengan mengatur ulang tata letak area komersial dan merenovasi interior dengan mengadopsi kearifan lokal batik dan motif ukir khas Sentani.

Selain itu, juga dilakukan pelapisan landas pacu (tapering) untuk meningkatkan kekuatan landas pacu sehingga pesawat Boeing B737 800 NG dan Boeing B737 900ER dapat mendarat mulus, dan perbaikan apron, serta perbaikan taxiway.

Ia mengatakan, untuk menghadirkan semarak PON, di Bandara Sentani juga dibuat instalasi booth, branding gate keberangkatan dan kedatangan, wall branding hall di area keberangkatan dan kedatangan.

Baca juga: Presiden Jokowi akan putuskan kehadiran penonton PON XX pada September

"Bandara Sentani memiliki landas pacu berdimensi 3.000 meter x 45 meter dengan kapasitas apron 13 parking stand untuk pesawat berbadan kecil (narrow body), 8 parking stand untuk pesawat kargo, dan 11 parking stand untuk pesawat kecil berbaling-baling (propeller)," ujarnya.

Adapun pesawat terbesar yang mampu dilayani saat ini yaitu B-737 800 NG dan 900 ER. Sementara gedung terminalnya memiliki luas 14.300 meter persegi (2 lantai) dan kapasitas ruang tunggu dapat menampung 2.045 orang.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Pesawat kargo Jayawijaya Dirgantara tergelincir di Bandara Sentani

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar