Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Umum Yayasan Sahabat Veteran (SaVe) Indonesia Agus Setya Dharma mengajak generasi muda untuk lebih peduli kepada para veteran.

“Kami ingin mengajak semua pihak, khususnya generasi penerus untuk mengingat jasa mereka (veteran),” kata Agus ketika dihubungi ANTARA dari Jakarta, Selasa.

Sahabat Veteran merupakan organisasi nirlaba independen yang menjadi wadah anak bangsa untuk menyalurkan kepedulian dan apresiasi kepada veteran Indonesia. Organisasi ini diakui secara resmi oleh Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), yang merupakan induk organisasi resmi veteran di Indonesia.

Agus mengatakan selama ini Sahabat Veteran berusaha untuk membantu para veteran Indonesia dengan melakukan kunjungan ke rumah para veteran sembari memberikan sumbangan berupa paket sembako atau tali kasih.

Baca juga: LVRI ajak pemuda dan masyarakat bersatu padu hadapi pandemi COVID-19

Bahkan, setiap menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia pada bulan Agustus sebelumnya, Sahabat Veteran akan menyelenggarakan kegiatan yang ditujukan untuk mengenang dan mengapresiasi perjuangan para veteran.

Akan tetapi, tuturnya, sejak pandemi melanda Indonesia, kegiatan yang dahulu biasa dilakukan terpaksa harus ditunda hingga waktu yang belum dapat ditentukan.

“Karena bapak dan ibu veteran sudah berusia lanjut dan rentan terhadap penyakit,” ungkap Agus.

Kondisi pandemi juga mengakibatkan donasi yang biasanya diberikan kepada para veteran mengalami penundaan. Donasi biasanya diberikan melalui kunjungan yang dilakukan oleh Sahabat Veteran ke rumah para veteran. Pemberian donasi secara virtual pun sulit untuk dilakukan.

Baca juga: Ketum DPP LVRI: Jangan biarkan pemerintah sendiri mengatasi COVID-19

“Alat komunikasi mereka sangat terbatas, bahkan sebagian besar tidak punya,” ucapnya.

Oleh karena itu, Sahabat Veteran berharap agar generasi muda dapat memberi ide atau solusi yang bisa diimplementasikan guna menolong para veteran pada masa pandemi.

“Kami terbuka untuk melakukan diskusi jika ada pemikiran bentuk-bentuk kegiatan yang bisa dilakukan,” kata Agus.

Baca juga: Panglima TNI: Dibutuhkan semangat dan nilai kejuangan tangani COVID-19

Selain berharap generasi muda akan meningkatkan kepedulian terhadap para veteran, Agus juga meminta para penerus mengambil teladan dari bapak dan ibu veteran.

“Ayo kita sama-sama berjuang menjadikan Indonesia kembali sehat,” ucap Agus.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2021