agar masyarakat dapat terbantu dengan mudah menerima vaksinasi Covid-19
Jakarta (ANTARA) - Jajaran Polsek Kalideres menggelar vaksin dari rumah ke rumah (door to door) warga demi mempercepat program Vaksin Merdeka di Jakarta Barat.

Kapolsek Kalideres Ajun Komisaris Polisi Akp Hasoloan Situmorang mengatakan kegiatan ini dilakukan agar warga dapat memperoleh vaksin dengan mudah.

"Kami datangi warga 'door to door' agar masyarakat dapat terbantu dengan mudah menerima vaksinasi Covid-19 " ujar Akp Hasoloan Situmorang, di Jakarta, Selasa.

Hasoloan mengatakan sejauh ini di wilayahnya terdapat beberapa gerai "Vaksin Merdeka". Namun sebagian warga belum menyambangi gerai vaksin yang tersedia.

Maka dari itu, lanjut Hasoloan, pihaknya menghampiri warga satu persatu agar penyebaran vaksin bisa merata.

Baca juga: Peserta Vaksin Merdeka di Jakarta Barat capai 150.000 orang

"Jadi, masyarakat dapat mudah dan tidak bingung untuk mendatangi tempat vaksinasi" kata dia.

Hasoloan berharap upaya ini dapat membantu pemerintah dalam program vaksinasi massal demi menekan angka penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menyebutkan sebanyak 209 rukun warga (RW) di Jakarta Barat menjadi perhatian untuk pelaksanaan Vaksin Merdeka karena menunjukkan tingkat pencapaian vaksinasi yang rendah.

Untuk mengatasi pencapaian vaksinasi yang rendah pada 209 RW di Jakarta Barat itu, Fadil menempatkan gerai vaksin di semua RW agar masyarakat tergerak mengikuti vaksin untuk membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

"Artinya ada 209 titik kami laksanakan vaksin. Kami harap semangat kemerdekaan jadi momentum kita untuk gerak bersama-sama," kata Fadil saat ditemui di lokasi gerai Vaksinasi Merdeka Yayasan Tarbiyah Islamiah Al-Alawiyah, Kembangan, Jakarta Barat, Rabu

Baca juga: Polisi bagikan kupon sembako pada peserta vaksin di Jakarta Barat

Fadil sempat memantau gerai vaksinasi dan mengaku senang lantaran banyak warga yang datang untuk mengikuti program tersebut.

"Contohnya di RW 06 ada 960 belum divaksin dan sudah mendaftar, di satunya ada 790 kalau ditambah ada 1.600 lebih," ujar Fadil

Dengan adanya program ini, Fadil berharap seluruh warga DKI Jakarta sudah divaksinasi hingga 17 Agustus mendatang

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021