Jakarta (ANTARA) - Berbagai berita ekonomi yang disiarkan Kantor Berita ANTARA pada Selasa (10/8) telah menarik perhatian para pembaca seperti Presiden Joko Widodo yang mengingatkan untuk tetap mewaspadai situasi perekonomian di kuartal III 2021, hingga IHSG ditutup melemah 39,05 poin atau 0,64 persen ke posisi 6.088,41, sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 0,58 poin atau 0,07 persen ke posisi 832,33.


Presiden Jokowi ingatkan untuk waspada kondisi ekonomi di kuartal III

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan untuk tetap mewaspadai situasi perekonomian di kuartal III 2021, yang diperkirakan akan lebih berat karena dampak persebaran virus corona varian delta.

Presiden Jokowi dalam sambutan secara virtual di HUT ke-44 Pasar Modal di Jakarta, Selasa, mengatakan persebaran varian delta COVID-19 telah memaksa pemerintah untuk memperketat mobilitas masyarakat sejak awal Juli 2021 atau sejak awal kuartal III 2021 yang berdampak pada kegiatan ekonomi domestik.

Baca di sini

Wapres: Alhamdulilah, pertumbuhan ekonomi syariah semakin menjanjikan​​​​​​​

Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin mengatakan pertumbuhan ekonomi syariah di Indonesia semakin baik, dengan naiknya posisi Indonesia atas capaian perkembangan ekonomi dan keuangan syariah secara global.

"Alhamdulillah pertumbuhan di sektor ekonomi syariah di negara kita semakin menjanjikan," kata Wapres Ma'ruf Amin saat mengikuti Festival Satu Muharram 1443 H Provinsi Sumatera Barat secara virtual, Selasa.​​​​​​​

Baca di sini
 

BI: Kinerja penjualan eceran terkontraksi pada Juni 2021

Bank Indonesia mencatat kinerja penjualan eceran pada Juni 2021 mengalami kontraksi jika dibandingkan bulan sebelumnya yakni sebesar minus 12,8 persen (mtm) atau lebih rendah dari Mei 2021 sebesar 3,2 persen (mtm).

Hasil Survei Penjualan Eceran (SPE) mengindikasikan kinerja penjualan eceran terbatas dibandingkan dengan capaian pada bulan sebelumnya, kata Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.​​​​​​​

Baca di sini

OJK nilai IPO unicorn akan gairahkan perdagangan saham domestik

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai masuknya perusahaan-perusahaan rintisan atau startup berstatus unicorn ke Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui mekanisme penawaran umum perdana saham (IPO) akan semakin menggairahkan perdagangan saham domestik.

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Hoese mengatakan pada pertengahan tahun ini,terdapat rencana dari beberapa perusahaan startup di Indonesia berstatus unicorn dan decacorn yang akan melakukan IPO. Dari beberapa rencana tersebut, perusahaan startup yang telah berhasil melakukan IPO adalah PT Bukalapak dengan melepas sahamnya sebanyak 25,7 miliar saham dengan total nilai IPO sebesar Rp21,9 triliun.​​​​​​​

Baca di sini

IHSG ditutup terkoreksi, pasar khawatir pemulihan ekonomi kuartal III
​​​​​​​

Indeks Harga Saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) ditutup terkoreksi jelang libur Tahun Baru Islam 1 Muharram 1443 Hijriah yang digeser menjadi Rabu (11/8) besok.

IHSG ditutup melemah 39,05 poin atau 0,64 persen ke posisi 6.088,41. Sementara kelompok 45 saham unggulan atau Indeks LQ45 naik 0,58 poin atau 0,07 persen ke posisi 832,33.​​​​​​​

Baca di sini

Baca juga: Kemarin, saham Bukalapak kena ARA hingga restrukturisasi kredit
Baca juga: Kemarin, ekonomi tumbuh 7,07 persen-investor muda dominasi reksa dana
Baca juga: Kemarin, subsidi kuota internet hingga pengelolaan limbah medis

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2021