yang tidak mendapatkan undangan saya pesan agar tidak hadir di lokasi untuk mencegah kerumunan
Surabaya (ANTARA) - Pemerintah Kota Surabaya bersama TNI dan Polri siap menggelar Serbuan Vaksinasi COVID-19 massal dosis kedua secara serentak di 67 titik lokasi di 31 kecamatan, Kota Surabaya, Jatim, pada 12-14 Agustus 2021.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Rabu, mengatakan target serbuan vaksinasi, adalah warga Surabaya yang sebelumnya mengikuti vaksinasi dengan vaksin Sinovac dosis I di Gelora 10 November (G10N) dan fasilitas kesehatan (faskes) di Surabaya.

"Vaksinasi di kecamatan berdasarkan undangan karena kami berusaha untuk menghindari kerumunan. Makanya untuk pelaksanaannya dibagi diberbagai titik," kata Wali Kota Eri.

Baca juga: Pasukan Marinir 2 gelar serbuan vaksinasi di Kenpark Surabaya

Eri mengatakan bahwa serbuan vaksinasi massal ini merupakan hasil kerja sama antara pemkot dengan TNI dan Polri. Ia menargetkan vaksinasi yang disiapkan sebanyak 218.610 dosis tersebut, pelaksanaannya bisa selesai pada Sabtu (14/8).

"Semoga besok bisa berjalan lancar dan menunjukkan kebersamaan. Insya Allah minggu depan (pasokan vaksin) turun lagi, jadi kita bisa melakukan vaksin (dosis) pertama lagi," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Febria Rachmanita menjelaskan bahwa serbuan vaksinasi Sinovac dosis II yang dimulai pada Kamis (12/8), pesertanya merupakan warga yang telah menerima undangan.

Baca juga: Kapolda: 7.538 orang telah divaksin di Taman Bungkul Surabaya

"Jadi acara untuk besok itu pesertanya adalah undangan, semua untuk dosis dua yang mendapatkan undangan. Jadi yang tidak mendapatkan undangan saya pesan agar tidak hadir di lokasi untuk mencegah kerumunan," kata Feny sapaan lekat Febria Rachmanita.

Oleh karena itu, Feny berpesan kepada warga yang belum menerima undangan agar tidak perlu khawatir. Sebab, serbuan vaksinasi akan terus digelar secara bertahap di Kota Surabaya, baik itu dosis satu maupun kedua.

Baca juga: Legislator sorot rebutan vaksin dosis kedua di puskesmas Surabaya

Feny menjelaskan, serbuan vaksinasi yang berlangsung tiga hari itu bakal digelar serentak mulai pukul 08.00-16.00 WIB. Lokasinya, berada di Lapangan Thor, Islamic Center Surabaya dan tersebar di seluruh wilayah kecamatan se-Surabaya. Sedangkan untuk petugasnya, merupakan gabungan dari jajaran pemkot, TNI, Polri, relawan hingga perguruan tinggi.

"Jumlah (dosis) per lokasi itu bervariasi, ada yang 2.000 ada yang 3.000 dosis. Untuk pesertanya itu yang sebelumnya mengikuti vaksinasi di G10N dan seluruh faskes di Surabaya," katanya.

Baca juga: Vaksinasi massal di Unesa disertai pemberian bantuan paket sembako

Dalam sehari, kata dia, pihaknya menargetkan, vaksinasi ini menyasar kepada 65 ribu jiwa. Tentunya peserta vaksin yang datang ini sebelumnya telah menerima undangan sesuai dengan jadwal pelaksanaan.

"Jadi sekitar 65 ribuan (dosis) khusus untuk besok. Pelaksanaannya ini tiga hari, jadi total ada 218.610 dosis yang disiapkan. Karena tiap hari kan berbeda juga (dosis)," katanya. 

Baca juga: Pelaksanaan vaksinasi dosis kedua AZ di Surabaya berlangsung tertib



 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2021