disiapkan sebanyak 997 gerai vaksinasi yang tersebar di 900 RW di seluruh Jadetabek
Jakarta (ANTARA) -
Polda Metro Jaya menyebutkan Program Vaksinasi Merdeka berhasil mendongkrak angka pemberian vaksin di DKI Jakarta ke angka 96,5 persen.
 
"Kemarin tanggal 10 Agustus 2021 DKI Jakarta telah mencapai angka 8.630.890 orang atau sebesar 96,5 persen dari target yang telah ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sebesar 8.941.211," kata Kasatgas Vaksinasi Merdeka Kombes Pol Herukoco di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu.

Baca juga: Polda Metro: Jakarta capai kekebalan kelompok sesuai rujukan WHO
 
Herukoco mengungkapkan dalam Program Vaksinasi Merdeka akan disiapkan sebanyak 997 gerai vaksinasi yang tersebar di 900 RW di seluruh Jadetabek
 
Sedangkan gerai yang tersebar di Jakarta yakni di Jakarta Selatan 120 gerai, Jakarta Utara 113 gerai, Jakarta Timur 204 gerai, Jakarta Barat ada 180 gerai, Jakarta Pusat 44 gerai dan di Polres Pelabuhan Tanjung Priok ada 4 gerai.
 
"Polda Metro Jaya melalui gerakan Vaksinasi Merdeka telah melaksanakan vaksinasi atau penyuntikan sebesar 621.050 dosis," tambahnya.

Baca juga: 82 mal di Jakarta buka bertahap saat pelonggaran PPKM
 
Program Vaksinasi Merdeka adalah salah satu strategi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DKI Jakarta untuk mempercepat vaksinasi guna mewujudkan kekebalan komunal masyarakat (herd immunity) 100 persen di Ibu Kota.
 
Vaksinasi Merdeka yang diluncurkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berlangsung pada 1-17 Agustus 2021 dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan Ke-76 Republik Indonesia.

Baca juga: Polsek Kalideres gelar vaksinasi warga "door to door"
 
Program vaksinasi yang sekarang diluncurkan menjadi solusi bagi masyarakat Jakarta karena hadir di lokasi dekat mereka tinggal sehingga mudah diakses.
 
Dalam program ini, Polda Metro Jaya telah mendirikan 687 gerai vaksin di 900 RW yang di dalamnya didukung oleh para relawan seperti tenaga kesehatan dan resimen mahasiswa (menwa), pengurus RT/RW, sampai ibu-ibu PKK.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021