Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial tengah mengupayakan 2.800 penghuni balai se-Jabodetabek, yang merupakan kelompok masyarakat rentan, mendapatkan vaksin COVID-19, meski mereka tak punya Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Menurut Staf Khusus Menteri Sosial, Luhur Budijarso mengatakan pemberian vaksinasi COVID-19 memerlukan NIK para pesertanya.

“Kita bekerja sama dengan Dirjen Dukcapil untuk data kependudukannya, untuk yang belum sama sekali,” ujar Luhur kepada wartawan saat meninjau Sentra Vaksinasi IPSM di Jakarta, Rabu.

Baca juga: IPSM pastikan inklusifitas vaksin COVID-19 untuk kelompok rentan

Untuk langkah teknisnya, Luhur mengatakan masih dalam koordinasi dengan Dirjen Dukcapil agar ada solusi, misalnya menjalankan vaksinasi dahulu, lalu pencatatan secara manual atau sebaliknya.

“Besok kami akan webinar dengan Dinsos (Dinas Sosial) seluruh Indonesia untuk memastikan warga yang tidak memiliki NIK tetap tervaksin,” kata dia.

Sementara itu, kata Luhur, terdapat permasalahan NIK pada penghuni balai di Jabodetabek. Misalnya, warga perantauan yang masih menggunakan KTP daerah dan masa berlakunya sudah habis. Terlebih di masa PPKM, mereka tidak sempat memperpanjang.

Namun, menurut Luhur, hal itu tidak menjadi permasalahan dalam vaksinasi COVID-19, asalkan masih memiliki NIK.

Selain itu, Kemensos juga melakukan pendataan terhadap komunitas masyarakat adat dan terpencil, guna pemerataan vaksinasi COVID-19. Sebab, masih ada 3-4 juta warga komunitas adat yang belum memiliki NIK, dan akan menjadi sasaran utama.

Baca juga: Kemensos targetkan 564.080 jiwa penyandang disabilitas divaksinasi

Baca juga: Kemensos fasilitasi penyandang disabilitas mental ikuti vaksinasi

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2021