Liga Prancis

Nassir Al-Khelaifi: mendatangkan Leo Messi tidak buat PSG langgar FFP

Nassir Al-Khelaifi: mendatangkan Leo Messi tidak buat PSG langgar FFP

Pemain Paris St Germain Lionel Messi saat diperkenalkan sebagai pemain PSG dalam konferensi pers di Parc des Princes, Paris, Prancis, Rabu (11/8/2021). Messi dikontrak oleh PSG selama dua tahun. ANTARA FOTO/REUTERS/Sarah Meyssonnier/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Paris Saint-Germain, Nasser Al-Khelaifi menegaskan bahwa mengontrak pemain megabintang seperti Lionel Messi tidak membuat klubnya melanggar aturan Financial Fair Play (FFP) milik UEFA.

Penyerang Argentina berusia 34 tahun itu adalah perekrutan terbaru PSG setelah mereka mendatangkan Achraf Hakimi dari Inter dengan nilai 60 juta euro (sekitar Rp1,01 triliun) serta Sergio Ramos, Georginio Wijnaldum dan Gianluigi Donnarumma dengan bebas transfer musim panas ini.

Sementara itu, tingginya gaji Neymar dan Kylian Mbappe di PSG telah menimbulkan pertanyaan tentang bagaimana klub Prancis itu bisa memberikan Messi gaji besar tanpa melanggar aturan finansial UEFA.

Baca juga: Resmi gabung PSG, Lionel Messi ingin juarai Liga Champions lagi
Baca juga: Nasser Al-Khelaifi senang Lionel Messi pilih lanjutkan karier di PSG


"Mengenai aspek keuangan, saya akan menjelaskannya: kami tahu aturan Financial Fair Play dan kami akan selalu mengikuti peraturan tersebut," kata Al-Khelaifi saat ditanya reporter tentang apakah PSG melanggar aturan FFP saat mendatangkan Messi.

"Sebelum kami melakukan apa pun, kami memeriksa dengan orang komersial, keuangan, dan hukum kami," lanjutnya, yang dikutip Reuters pada Rabu.

“Kami memiliki kapasitas untuk mengontraknya. Bila kami merekrut Leo, itu karena kami bisa, bila tidak kami tidak akan melakukannya."

“Apa yang dibawa Leo ke klub sangat besar, seperti yang bisa Anda lihat di luar. Dia adalah aset besar bagi klub."

Al-Khelaifi mengatakan bahwa orang-orang akan "terkejut" dengan pendapatan finansial yang akan dibawa Messi ke klub, sambil bercanda: "Saya harap Leo tidak akan meminta gaji lebih tinggi."

Baca juga: PSG cocok untuk ambisi saya, kata Messi
Baca juga: Ronaldinho doakan Messi bahagia di PSG


Meskipun tim Ligue 1 tidak harus membayar biaya transfer untuk mendapatkan juara enam kali Ballon d'Or tersebut, gaji tinggi Messi dapat menguras anggaran pengeluaran klub.

Messi menandatangani kontrak dua tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun, dengan perkiraan nilai sekitar 35 juta euro (590 miliar) per musim.

Al-Khelaifi mengatakan presiden klub Ligue 1 Prancis lainnya mengucapkan terima kasih kepada PSG karena membawa Messi ke negara itu karena bintang Argentina itu dapat menarik para penonton baru dari penjuru dunia untuk menyaksikan Ligue 1.

“Dalam hal dampak pada Ligue 1, saya pikir kompetisi ini naik tingkat. Dalam hak TV juga, saya harap, atau dalam kemitraan komersial," tambahnya.

"Semua orang sekarang ingin melihat Messi di PSG, yang meningkatkan nilai klub lain."

"Presiden lainnya berterima kasih kepada saya atas kedatangan Leo. Kami tidak hanya melakukan ini untuk klub, tetapi juga untuk Prancis dan Ligue 1."

Baca juga: Fakta-fakta Lionel Messi
Baca juga: Tujuh keajaiban Messi dari tujuh laga terbaiknya

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Superfan berusia 100 tahun mencatat setiap gol Messi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar