Brasilia (ANTARA) - Kementerian Kesehatan Brazil pada Selasa (10/8) meluncurkan kampanye nasional melawan obesitas pada anak dengan menggalakkan kebiasaan makan sehat dan aktivitas fisik pada anak-anak dan remaja.

Kampanye Pencegahan dan Perlindungan Obesitas pada Anak 2021 bertujuan untuk meningkatkan konsumsi makanan alami dan mengurangi konsumsi makanan olahan, kata Menteri Kesehatan Marcelo Queiroga saat upacara peluncuran.

Kampanye itu juga menyoroti pentingnya aktivitas fisik dari tahun pertama kehidupan seperti permainan, aktivitas rekreasi atau olahraga, dan memperingatkan tentang lamanya waktu yang dihabiskan anak-anak dan remaja di depan layar.

Sebagai bagian dari kampanye tersebut, insentif ekonomi akan diberikan ke kota-kota, di mana lebih dari 15 persen anak-anak berusia di bawah 10 tahun mengalami kelebihan berat badan pada 2019.

Pemberian insentif bertujuan menerapkan inisiatif pemantauan makanan dan nutrisi untuk memetakan kondisi anak-anak dan remaja, sekaligus mempromosikan olahraga dan makanan sehat.

Sejauh ini 7 persen anak-anak Brazil yang berusia di bawah 5 tahun mengalami kelebihan berat badan dan tiga persen menderita obesitas.

Sementara pada remaja, 31,9 persen mengalami kelebihan berat badan dan 12 persen menderita obesitas, menurut kementerian.

Sumber: Xinhua

Baca juga: Risiko diabetes lebih tinggi pada anak yang kegemukan
Baca juga: Kenali beda nafsu makan ekstrim dan naiknya hasrat makan anak

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2021