Pagaralam, Sumsel (ANTARA News) - Batu megalit baru bertuliskan huruf palawa berukuran 2x3 meter ditemukan di hutan Dusun Talangkubangan, Kelurahan Kancediwe, Kecamatan Dempo Selatan, Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sulsel), Sabtu.

Lokasi penemuan megalit ini di perbatasan tiga wilayah yaitu Kota Pagaralam, Kabupaten Muaraenim dan Lahat. Batu megalit ini mirip dengan prasasti dan terlihat seperti perkempungan yang sudah lama tidak ditempati lagi.

Selain masih banyak tanaman seperti hiasan halaman rumah berupa bambu kuning kecil dan kondisinya masih tertata rapi, batu megalit ini juga berada di kawasan sumber panas bumi yang memiliki luas sekitar 3-4 hektare.

"Ada dua batu bertulis huruf palawa tinggi 2 meter dan lebar 3 meter dengan kondisi tegak seperti bangunan rumah yang kami temukan di daerah Bukit Ghanggas atau Lengkenai Bughul di perbatasan tiga daerah," kata Irwan (27).

Warga desa Talangkubangan itu menyatakan, anehnya di sekitar batu megalit itu terdapat sejumlah tanaman hias seperti bambu kuning ukuran kecil dan penanamannya tertata rapi berjejer,.

Kalau dilihat dari keadaan sekitar batu megalit itu belum pernah didatangi orang baik pencari hewan buruan maupun dan burung hutan. Kondisi batu itu masih utuh tegak lurus dan dipermukaannya banyak tulisan manusia zaman purba.

"Kami tidak tahu apa arti tulisan di batu megalit itu. Batu itu diperkirakan sudah berumur ribuan tahun," katanya.

Jarak lokasi, kalau dari Pagaralam harus menempuh perjalanan sekitar dua-tiga hari berjalan kaki. Namun kalau dari daerah Muaraenim sekitar dua hari melewati sungai, jurang, bukit termasuk hutan rimba.

Hal senada juga diungkapkan Almani (45) warga lainnya. Batu yang baru ditemukan itu mirip bangunan rumah, berada tidak jauh dari sungai dan daerah hutan yang ada sumber panas bumi.

Sementara itu Petugas Kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3 Jambi) wilayah kerja Jambi, Sumsel, Bengkulu dan Babel, Akhmad Rivai, mengatakan, banyak ditemukan megalit, arca atau peninggalan bersejarah tersebar di daerah tersebut.

Daerah yang paling banyak dan berada disatu lokasi baru di daerah Desa Talang Batu Gong Kecamatan Dempo Selatan dan Desa Skendal, Kecamatan Pajarbulan, Lahat.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010