Rio Waida akui semakin percaya diri di turnamen usai Olimpiade Tokyo

Rio Waida akui semakin percaya diri di turnamen usai Olimpiade Tokyo

Peselancar Indonesia Rio Waida beraksi di putaran kedua cabang olahraga selancar Olimpiade Tokyo di Pantai Tsurigasaki, Tokyo, Jepang, Minggu (25/7/2021). Rio lolos ke babak 16 besar cabor selancar Olimpiade Tokyo. ANTARA FOTO/REUTERS/Lisi Niesner/rwa.

Jakarta (ANTARA) - Peselancar Indonesia Rio Waida mengaku semakin percaya diri usai tampil di Olimpiade Tokyo yang menjadi bekal bagi dirinya untuk berlaga di turnamen Corona Open Mexico 2021, yang tengah berlangsung di Barra De La Cruz di Oaxaca, Meksiko.

"Habis Olimpik, saya mengikuti ini (Corona Open Mexico 2021), saya merasa lebih confidence, lebih tenang," ujar Rio Waida kepada Antara melalui aplikasi pesan instan, Kamis.

Pada Olimpiade Tokyo, yang dimulai 23 Juli dan berakhir 8 Agustus, Rio Waida harus menghentikan perjuangannya saat berhadapan dengan peselancar Jepang peraih perak Kanoa Igarashi di putaran ketiga.

Meski begitu, pembawa bendera Indonesia di upacara pembukaan Olimpiade Tokyo itu berhasil masuk 16 besar.

Dari Olimpiade Tokyo, Rio Waida mengaku "belajar banyak kesalahan dan akan memperbaikinya di event."

Rio Waida, Kamis dini hari WIB, melaju ke babak 16 besar Corona Open Mexico 2021 usai mengalahkan peselancar nomor 3 dunia Filipe Toledo dari Brazil dalam babak 32 besar. 

Baca juga: Rio Waida kalahkan peselancar nomor 3 dunia di Corona Open Mexico 2021 

Peselancar berusia 21 tahun yang berdomisili di Bali itu mencatatkan 5.83 dan 5.50 poin ombak terbaik dengan keseluruhan 11.33 poin. Sementara Toledo hanya mampu mengumpulkan 10.23 total poin.

Pada pertandingan sebelumnya, Seeding Round, Rio Waida menduduki dua posisi teratas dalam Heat yang dimainkannya, sehingga dia dapat melaju ke babak 32 besar tanpa melalui babak eliminasi.

Rio Waida mendapatkan wildcard untuk mengikuti Corona Open Mexico 2021, yang merupakan bagian dari World Championship Tour, turnamen yang hanya dapat diikuti oleh Top 34 atlet selancar ombak dunia.

Peselancar berdarah Indonesia-Jepang itu dinilai sebagai salah satu peselancar paling progresif dan berbakat yang berasal dari kawasan Asia-Pasifik, dan dianggap mempunyai peluang yang sangat kuat untuk mengikuti World Championship Tour.

"Mimpi saya selalu mengikuti World Championship, jadi saya sangat senang sekali bisa mengikuti lomba di Meksiko," kata Rio Waida. 

Baca juga: Rio Waida kantongi "wildcard" dan siap berlaga di Corona Open Mexico 
Baca juga: Rio Waida amankan tiket ke babak 32 besar Corona Open Mexico 2021 

Rio Waida akan melanjutkan langkahnya di Corona Open Mexico 2021, yang berlangsung 10-19 Agustus, babak 16 besar. Dia dijadwalkan bertemu dengan peselancar Australia Jack Robinson pada Heat 5 yang akan digelar Kamis malam WIB.

"Ombak di Meksiko sangat bagus, sangat berbeda dengan ombak di Jepang, tidak ada angin keras dan ombak seperti di Indonesia, dan cuaca di sini panas," ungkap Rio Waida.

"Strategi saya, harus mencari ombak bagus, ombak besar dan tidak terjatuh," tambahnya. 

Baca juga: Ketum KOI bilang Rio Waida punya potensi luar biasa 
Baca juga: Rio Waida kesulitan berburu ombak karena angin kencang 
 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Rr. Cornea Khairany
COPYRIGHT © ANTARA 2021

KONI: PON XX Papua berkaca pada Olimpiade Tokyo 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar