Kolaborasi antara XL Axiata dan MotionBanking telah membuka era baru kolaborasi antara operator telekomunikasi dan digital banking, yang pertama di Indonesia
Jakarta (ANTARA) - PT Bank MNC Internasional Tbk (BABP) menggandeng PT XL Axiata Tbk (EXCL) untuk mempromosikan aplikasi perbankan digital milik perseroan yakni MotionBanking dan membidik minimal satu juta pengguna baru melalui promosi dan insentif khusus bagi pengguna XL Axiata.

"Kolaborasi antara XL Axiata dan MotionBanking telah membuka era baru kolaborasi antara operator telekomunikasi dan digital banking, yang pertama di Indonesia. Kemitraan ini menggabungkan ekosistem besar MNC Group, termasuk media, teknologi keuangan, dan kekuatan digital, dengan 56 juta basis pengguna XL Axiata dan layanan operator selulernya yang memberdayakan ekonomi digital dan inklusi keuangan," kata CTO MNC Group Yudi Hamka dalam keterangan di Jakarta, Kamis.

Yudi mengatakan, ponsel pintar merupakan saluran penting untuk perbankan digital, bahkan ponsel pintar merupakan inti dari perbankan digital.

Ia menilai, penetrasi internet dan ponsel pintar yang lebih tinggi (73 persen dan 70persen) dibandingkan dengan penetrasi perbankan (23 persen fully banked dan 26 persen underbanked) menjadikan XL Axiata mitra yang sempurna bagi perseroan.

Dengan tersedianya lebih dari 156 ribu BTS mencakup 95 persen populasi di seluruh Indonesia, lanjut Yudi, MotionBanking akan mampu menembus lebih dari 56 juta pengguna XL Axiata.

Selain itu, masyarakat yang belum memiliki rekening atau unbanked dengan ponsel pintar akan memiliki akses ke layanan keuangan yang ditawarkan, sesuatu yang tidak dapat mereka akses sebelumnya. Menurut Yudi, strategi tersebut juga akan memungkinkan MotionBanking untuk menawarkan berbagai produk dan layanan, termasuk fasilitas investasi dan kredit.

"Lalu, dengan bantuan analisis dan otomatisasi big data, XL Axiata dapat menjadi mesin untuk menyediakan personalisasi layanan keuangan sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan masing-masing pengguna. MotionBanking memperoleh akses ke kumpulan nasabah yang lebih besar sekaligus meningkatkan profil pinjaman dan memperkuat target pasarnya," ujar Yudi.

Sementara itu, Director and Chief Commercial Officer-Consumer XL Axiata David Arcelus Oses mengatakan kerja sama dengan MNC Bank strategis karena selaras dengan agenda transformasi digital perseroan.

"Kerja sama yang saling menguntungkan ini juga merupakan bagian dari komitmen dan kontribusi XL Axiata untuk mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia melalui teknologi. Kami yakin kerja sama ini akan memberikan akses untuk mempercepat inklusi keuangan bagi masyarakat," ujar David.

Melalui kerja sama tersebut, XL Axiata akan mendukung promosi MotionBanking di platform XL Axiata dan sebagai imbalannya XL Axiata akan mendapatkan keuntungan tertentu termasuk hak untuk mendapatkan iklan baru di platform media MNC.

Baca juga: MNC Bank-Mastercard kolaborasi terbitkan kartu debit & kredit virtual
Baca juga: MNC Bank dan Visa Indonesia kolaborasi kembangkan kartu kredit virtual
Baca juga: MNC Bank fokus digitalisasi proses bisnis dan produk perbankan

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021