Kolaborasi dan kerja sama berbagai pihak adalah kunci penting untuk keluar dari pandemi
Batam (ANTARA) - Bantuan lebih dari 12.505 Oxygen Concentrators (OC) dan 6.000 nasal cannulas untuk penanggulangan COVID-19 di Indonesia merupakan bukti rasa kemanusiaan yang tinggi, solidaritas, dan hubungan dekat antara Indonesia dan Singapura.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo serta perwakilan dari perusahaan Indonesia dan Singapura menghadiri acara seremoni penyerahan bantuan di KBRI Singapura, Kamis.

Penyerahan bantuan juga dihadiri secara virtual oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Luar Negeri RI Cecep Herawan, Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Eka Jusup Singka, serta Konjen RI untuk Shanghai Deny Kurnia.

Sekjen Kemlu RI menyampaikan kolaborasi dan kerja sama berbagai pihak adalah kunci penting untuk keluar dari pandemi.

"Untuk 'flatten the curve', bukan cuma diperlukan peran negara, tetapi juga peran pelaku bisnis, akademisi, tokoh komunitas, dan juga media," kata Cecep.

Ia menyampaikan kolaborasi itu diharapkan semakin memperkuat hubungan kedekatan dan kerja sama antara Indonesia dan Singapura, sejalan dengan semangat di bulan Agustus, bulan perayaan kemerdekaan bagi Indonesia dan juga Singapura.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Eka Jusup Singka menyampaikan, sebagian besar bantuan yang tiba di Indonesia sudah disalurkan.

Ke depannya, penyaluran bantuan akan fokus pada daerah di luar Jawa dan Bali, saat ini dilaporkan mengalami peningkatan kasus COVID-19 yang signifikan.

Donasi yang diberikan diharapkan dapat membantu Indonesia untuk lepas dari krisis pandemi COVID-19.

Harapan yang sama juga diungkapkan perwakilan dari masing-masing perusahaan Indonesia dan Singapura yang memberikan bantuan.

Chairperson Bakti Barito Foundation Fifi Setiawaty menyampaikan, kerja sama itu tidak hanya menunjukkan solidaritas perusahaan sebagai pelaku bisnis, namun juga menunjukkan hubungan kuat "people to people".

Group Chief Information and Head of Technology & Operations DBS Bank Jimmy Ng dalam kesempatan itu menekankan pentingnya kerja sama pada situasi krisis pandemi saat ini.

"Jika ingin berjalan cepat, berjalanlah sendiri, namun jika ingin berjalan jauh, maka harus berjalan bersama-sama," kata Jimmy.

Sementara itu, perusahaan yang terlibat dalam pemberian bantuan yaitu Bakti Barito Foundation, DBS Bank, PT Cikarang Listrindo, PT Dharma Satya Nusantara, East Ventures, Indies Capital Partners Pte Ltd, PT Kino Indonesia Tbk, Sinarmas, Tanoto Foundation, PT TBS Energi Utama Tbk, Triputra Group, UID Foundation, Wahanan Artha, CapitaLand Hope Foundation, COMO Foundation, GrabTaxi Holdings Pte Ltd, Hotel Properties, Singtel, dan Temasek Foundation.
Baca juga: Indonesia terima bantuan 532 tabung oksigen medis
Baca juga: Kemenkes dan KBRI Singapura terima 2 ISO tank oksigen cair

Pewarta: Yuniati Jannatun Naim
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2021