Antara jumlah pedagang dan jumlah tempat itu tidak sama, karena ada satu pedagang memiliki lebih dari satu kios,
Gianyar, Bali (ANTARA) -
Bupati Gianyar Made Mahayastra menepati janjinya untuk memberikan dana bantuan untuk para pedagang Pasar Blahbatuh, yang belum lama ini ludes terbakar pada 15 Juni 2021. 

Bupati Mahayastra menyampaikan bantuan stimulus kepada para pedagang Pasar Blahbatuh sebagai bentuk perhatian Pemkab Gianyar.

“Dalam kondisi yang mendadak seperti ini, kita harus mampu bergerak cepat meski dalam keterbatasan, semua atas kerjasama semua pihak, Pemkab Gianyar, aparat kepolisian dan TNI, bendesa, perbekel, dan Puri Blahbatuh, terima kasih,” katanya, Kamis.

Ia berharap pedagang dapat segera bangkit dan melanjutkan usaha mereka. Pemberian stimulus kepada pedagang dilaksanakan di halaman belakang kantor Bupati Gianyar, Kamis
.
Pemberian stimulus diserahkan secara simbolis oleh Bupati Mahayastra, turut dihadiri Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha Sartana, Sekda I Made Gede Wisnu Wijaya, Ketua TP PKK Ny. Surya Adnyani Mahayastra, pihak Kejari Gianyar, Kadis Perindag Luh Gede Eka Suary, dan sejumlah pejabat lainnya.

Kepala BPBD Gianyar Ida Bagus Suamba sebelum menyerahkan bantuan menyebutkan bantuan berupa uang yang ditransfer ke rekening masing-masing pedagang.

Pemilik toko menerima bantuan sebesar Rp3 juta, pemilik kios/los dapat Rp2 juta, dan pedagang jual di pelataran dapat Rp750 ribu.

Dari total 411 pedagang terdapat 563 tempat yakni 22 toko, 243 kios/los, dan 298 pelataran. Total dana yang disiapkan sebanyak Rp875,5 juta bersumber dari APBD Gianyar tahun 2021.

"Antara jumlah pedagang dan jumlah tempat itu tidak sama, karena ada satu pedagang memiliki lebih dari satu kios," ujarnya.

Dalam rinciannya, pengajuan bantuan tersebut juga diberikan kepada pemilik rumah di samping pasar yang juga menjadi korban kebakaran yakni perorangan Rp100 juta.

Pasar Blahbatuh mengalami kebakaran 15 Juni 2021. Musibah tersebut menghancurkan seluruh bangunan pasar dan kios pedagang. Saat ini para pedagang berjualan di sebelah Barat Pasar Yadnya Blahbatuh, di depan Puri Blahbatuh dan di sekitarnya.

Tempat relokasi sudah disiapkan bersebelahan dengan Pasar Yadnya Blahbatuh, saat ini sedang tahap pengerjaan, dalam waktu dekat semua pedagang akan direlokasi.

Baca juga: Bupati Gianyar tak berikan izin usaha minimarket jaringan nasional

Baca juga: Kemenperin - Pemkab Gianyar adakan pelatihan barista

Pewarta: Adi Lazuardi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021