Kakorlantas pantau vaksinasi dan penerapan PPKM di Papua

Kakorlantas pantau vaksinasi dan penerapan PPKM di Papua

Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono memantau pelaksaan vaksinasi dan penerapan PPKM level 4 di wilayah Papua, Kamis (12/8/2021) (ANTARA/HO-Humas Korlantas Polri)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono melakukan pemantauan vaksinasi dan penerapan PPKM level 4 di wilayah Papua.

"Hari ini kita melihat pelaksanaan vaksin, gerai vaksin yang dilaksanakan oleh Polda Papua. Ini khususnya diperuntukkan oleh kalangan pengemudi yang ada di sini bersama keluarganya," kata Istiono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Istiono mengatakan sebanyak 350 orang yang divaksin dalam kegiatan tersebut. Istiono pun berharap vaksinasi ini dapat membentuk herd immunity masyarakat, terutama di kalangan pengemudi.

Selain itu, Istiono menyebut vaksinasi tersebut juga berkaitan dengan penyelenggaraan pekan olahraga nasional (PON) ke 20 di Papua dalam waktu dekat. Menurut dia, para pengemudi merupakan unsur utama yang mengendalikan mobilitas.

Baca juga: Kakorlantas bagikan sembako saat cek posko PPKM di Serang

"Ini bagian dari persiapan PON di wilayah Papua. Pengemudi ini adalah agen utama, dia mengendalikan mobilitas daripada angkutan-angkutan di wilayah Papua. Ini harus sehat duluan juga. Harus kita perhatikan semuanya," kata Istiono menegaskan.

Dalam kunjungan itu, Istiono didampingi Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono dan Wakapolda Papua Brigjen Eko Rudi Sudarto.

Terkait pelaksanaan PPKM Level 4, Istiono menyebut ada delapan titik pos penyekatan yang terbagi di dalam kota dan di perbatasan.

Baca juga: Kakorlantas bagikan sembako bagi pemulung di Cakung terdampak PPKM

"Tadi kita tinjau di lapangan bahwasannya Polda Papua membangun 3 titik pos di perbatasan dan 5 titik di dalam kota untuk menjaga mobilitas, supaya pergerakan daripada orang ini betul-betul dapat dikelola secara maksimal untuk mencegah penyebaran COVID-19," kata Istiono.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Raharja Rivan Achmad Purwantono mengatakan vaksinasi kali ini memprioritaskan para pengemudi. Secara keseluruhan, Jasa Raharja telah melakukan vaksinasi terhadap para pengemudi di enam terminal yang ada di Jawa, Sulawesi dan Papua.

"Tujuannya untuk meningkatkan herd immunity masyarakat di seluruh lapisan, tanpa melihat siapa pun. Kegiatan ini sekaligus memberikan bantuan sosial adalah bagian dari perhatian kami kepada seluruh masyarakat yang membutuhkan," kata Rivan.

Baca juga: Kakorlantas Polri: Penyekatan dan patroli perkuat PPKM Darurat

Pewarta: Fauzi
Editor: Joko Susilo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kakorlantas Polri tinjau kesiapan pos pemeriksaan COVID-19 di Solo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar