Wagub Sulut ajak UMKM hasilkan produk kreatif dan berkualitas

Wagub Sulut ajak UMKM hasilkan produk kreatif dan berkualitas

Wakil Gubernur, Steven Kandouw. ANTARA/HO-Humas (1)

Manado (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Steven Kandouw mengajak pelaku Usaha Mikto Kecil dan Menengah (UMKM) mampu menghasilkan produk lokal kreatif dan berkualitas.

"Beberapa tantangan bagi pelaku UMKM maupun pelaku ekonomi kreatif di daerah, mulai dari marketing, packaging, branding dan terus berinovasi untuk menghasilkan produk lokal  kreatif dan berkualitas sehingga dapat bersaing di tengah pasar, serta menguasai teknologi informasi yang merupakan strategi dalam pengembangan UMKM," sebut Wagub Steven di Manado, Kamis.

Wagub Steven memberikan apresiasi kepada kantor wilayah BRI Sulut, Telkomsel, serta para pelaku usaha atau pelaku UMKM di daerah yang telah bersinergi mendukung penyelengaraan kegiatan dalam rangka Hari UMKM Nasional ke-6.

Rangkaian kegiatan ini, sangatlah strategis mendukung pengembangan produk-produk UMKM lokal serta mendukung pemulihan kondisi daerah dari pandemi yang masih melanda.

“Dibutuhkan komitmen yang kuat dan konsisten dalam mengembangkan produk-produk lokal. Untuk itu mari kita saling support, jangan pernah menyurutkan semangat untuk memberi dampak baik dan bermanfaat bagi pengembangan UMKM di Provinsi Sulut," lanjutnya.

Wagub mengajak semua bersinergi di tengah kondisi dan tantangan apapun, serta bersama-sama memberikan dukungan terhadap pembangunan dan perkembangan daerah.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan bantuan hibah barang bagi 70 UMKM di Sulut, bantuan produktif bagi usaha mikro sebesar Rp288 miliar untuk 190.049 pelaku usaha.

Selanjutnya, penyerahan bantuan KUR Bank Rakyat Indonesia bagi pelaku usaha dengan total Rp678 miliar untuk 24.664 debitur.

Bantuan PKH bagi masyarakat Sulut sebesar Rp69 miliar untuk 54.739 keluarga penerima manfaat, serta bantuan sembako sebesar Rp83 miliar untuk 85.392 keluarga penerima manfaat.
Baca juga: Sandiaga optimistis 30 juta UMKM bakal masuk ekosistem digital di 2023
Baca juga: Menteri PPPA minta pelaku usaha perempuan paham teknologi digital
Baca juga: Google dan Facebook latih UMKM Indonesia tumbuh secara digital

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Royke Sinaga
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Geliat UMKM tas Aceh bersaing sebagai produk andalan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar