Los Angeles (ANTARA News) - Film komedi supervillain animasi "Megamind" dibuka pada posisi teratas box office Amerika Utara, dengan mengumpulkan 47,7 juta dolar AS selama akhir pekan, sebagian besar disebabkan oleh daya tarik ceritanya sendiri, kata pihak box office Amerika Utara, Minggu.

Penilaian itu dilandasi atas hasil penjualan tiket. Film yang diluncurkan oleh Paramount/Dreamworks tersebut, yang menampilkan suara Will Ferrell, Tina Fey, Jonah Hill, David Cross dan Brad Pitt, hadir di sebanyak 7.300 layar di 3.944 lokasi di Kanada dan Amerika Serikat, sebagaimana dikutip dari Xinhua-OANA.

Sebagai film ketiga Paramount yang dibuka dengan posisi No.1 dalam empat akhir pekan, sebanyak 66 persen pemasukan "Megamind" berasal dari tayangan 3-D. Sebanyak tujuh persen dari hasil itu berasal dari IMAX 3D.

Film tersebut sangat populer di kalangan penonton yang berusia muda dan kalangan perempuan. Sebanyak 52 persen penonton berusia di bawah 25 tahun, dan 57 persen adalah perempuan, demikian pengumpulan pendapat distributor film itu.

Yang berada di posisi kedua adalah "Due Date, film komedi jalanan yang diluncurkan oleh Warner Bros, dan mengantungi 33,5 juta dolar AS, pembukaan terbesar kedelapan bagi film komedi kategori-D.

Film tersebut dibintangi oleh Robert Downey Jr., Zach Galifianakis dan Michelle Monaghan, dan komedia teranyar dari sutradara Todd Phillips, yang berada pada posisi kedua setelah pembukaan "The Hangover" (45 juta dolar AS).

Film tersebut bercerita tentang bagaimana seorang calon ayah, Peter Highman, dipaksa memberi tumpangan kepada aktor Ethan Tremblay dalam perjalanan darat agar sang aktor dapat tiba tepat pada waktunya saat kelahiran anaknya.

Film yang berada di urutan ketiga pada akhir pekan lalu ialah "For Colored Girls", yang dirilis oleh Liongate garapan Tyler Perry tapi kekuarangan anasir komedi biasanya.

Berikut adalah film yang menempati posisi 10 teratas:

-- No.4: "Red", Summit, 8,9 juta dolar AS pada akhir pekan, 71,9 juta dolar AS selama empat pekan;

-- No.5: "Saw 3-D". Lionsgate, 8,2 juta dolar AS pada akhir pekan, 28,8 juta dolar selama dua pekan;

-- No.6: "Paranormal Activity 2", Paramount, 7,3 juta dolar AS akhir pekan lalu, 77,2 juta dolar AS selama tiga pekan;

-- No.7: "Jackass 3-D", Paramount, lima juta dolar AS pada akhir pekan, 110,8 juta dolar dalam empat pekan;

-- No.8: "Hereafter", Warner Bros., 4 juta dolar AS pada akhir pekan, 28,7 juta dolar AS dalam empat pekan;

-- No.9: "Secretariat", Disney, 4 juta dolar AS pada akhir pekan, 51 juta dolar AS selama lima pekan; dan

-- No.10: "The Social Network", Sony, 3,6 juta dolar AS pada akhir pekan, 85 juta dolar sepanjang enam pekan.
(ANT/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010