Jakarta (ANTARA News) - Dosen filsafat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Rocky Gerung akan menyampaikan pidato kebudayaan di Taman Ismail Marzuki, dalam rangkaian perayaan HUT ke-42 TIM.

"Pemerintah harus mengupayakan berbagai kekuatan untuk Indonesia yang lebih demokratis, adil, dan berkemajuan. Juga yang tak kalah penting, kita, bukan hanya pemerintah, mesti merawat republik ini dengan akal sehat," kata Rocky Gerung di Jakarta, Senin, mengenai pidatonya yang akan berjudul "Merawat Republik Dengan Akal Sehat".

Pidato kebudayaan itu akan diadakan pada Rabu (10/11) malam. Kegiatan itu rutin diadakan setiap tahun sebagai puncak ulang tahun lembaga kesenian yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin, pada 10 November 1968 itu.

Seperti tahun-tahun sebelumnya pidato kebudayaan yang digelar TIM akan menarik perhatian banyak pihak, karena biasanya mengungkap perkara aktual.

Menurut Rocky, upaya merawat republik dengan akal sehat patut dilakukan karena Indonesia akhir-akhir ini adalah negeri yang terkooptasi oleh berbagai kekuatan ekstrem.

"Terutama kekuatan yang berwatak monolitik yang gentar oleh keberagaman dan kekuatan teokratis yang percaya tangan Tuhan akan membereskan segalanya," katanya.

Akibatnya, kata dia, pemerintah bisa digertak oleh kekuatan-kekuatan ekstrem tersebut. Padahal, menurut dia, seharusnya negara tegas dan berwibawa dan tidak bisa dipengaruhi oleh kekuatan semacam itu.
(T.ANT-267/S018/P003)

Pewarta:
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010