BI: Riau berhasil kumpulkan dana wakaf hingga Rp614,9 miliar

BI: Riau berhasil kumpulkan dana wakaf hingga Rp614,9 miliar

Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Riau, Decymus

Generasi milenial sebagai calon wakif potensial di masa depan, kesadaran berwakaf generasi milenial harus ditanamkan sejak dini
Jakarta (ANTARA) - Gerakan Riau Berwakaf yang digagas oleh Bank Indonesia Kantor Perwakilan Riau berhasil mengumpulkan wakaf sebanyak Rp614,9 miliar dari 5.146 wakif (pezakat) hingga 6 Agustus 2021.

“Angka ini diharapkan masih akan terus bergerak naik mengingat penggalangan dana wakaf masih terus berjalan,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Riau Decymus dalam Gerakan Sadar Wakaf : Sumatera Berwakaf secara daring, Jumat.

Dari jumlah tersebut, sebanyak Rp125 juta berasal dari 4.075 wakif baru dari kalangan milenial yang merupakan salah satu tujuan dari pelaksanaan rangkaian kegiatan Sumatera Berwakaf 2021.

“Generasi milenial sebagai calon wakif potensial di masa depan, kesadaran berwakaf generasi milenial harus ditanamkan sejak dini,” ujar Decymus.

Baca juga: Wapres: Selain ibadah, wakaf berperan dorong pembangunan negara

Secara khusus, Bank Indonesia juga telah menggerakkan mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia di berbagai kampus di Riau untuk menjadi Duta Wakaf.

Riau Berwakaf merupakan bagian dari kegiatan Sumatera Berwakaf 2021 yang merupakan rangkaian dari Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatera 2021.

“Tidak lagi hanya sebatas pada kegiatan edukasi sosialisasi untuk meningkatkan literasi tentang wakaf atau hanya sebatas komitmen antar pemangku kepentingan, namun telah diikuti dengan kegiatan penggalangan dana wakaf yang dilakukan secara bersama-sama,” tuturnya.

Penyelenggaraan FESyar 2021 diselenggarakan di tiga wilayah yakni Jawa, Kawasan Timur Indonesia, dan Sumatera. FESyar 2021 bertujuan agar pengembangan ekonomi syariah dapat dilakukan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia untuk mendukung kemajuan ekonomi nasional.

Baca juga: BWI ingin berwakaf menjadi bagian gaya hidup generasi muda

Pewarta: Kuntum Khaira Riswan
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2021

BI beli SBN sebesar Rp142,74 triliun

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar