PNM miliki 10,1 juta nasabah aktif program Mekaar per 9 Agustus 2021

PNM miliki 10,1 juta nasabah aktif program Mekaar per 9 Agustus 2021

Ilustrasi - Logo Program Mekaar yang dijalankan PT PNM.(babel.antaranews.com/PNM Babel)

Kesinambungan pemberdayaan pelaku usaha di PNM terus dijaga dari mulai pembiayaan ultra mikro yang sangat kecil mulai dari Rp2 juta, terus sampai meningkat hingga naik kelas ...
Jakarta (ANTARA) - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mencatat telah memiliki 10,1 juta nasabah aktif program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera atau Mekaar per 9 Agustus 2021.

"Saat ini kami mempunyai 10,1 juta nasabah aktif per 9 Agustus 2021," ujar Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki dalam seminar daring di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, dari 10,1 juta nasabah aktif Mekaar tersebut sudah terdapat 5,3 juta nasabah yang memiliki rekening di bank, sementara 5,5 juta nasabah lain merupakan nasabah syariah.

Baca juga: BRI jadi induk Pegadaian dan PNM pada September 2021

Dalam paparannya, Sunar Basuki juga menyampaikan bahwa profil sektor usaha nasabah Mekaaar ultra mikro tersebut didominasi sektor perdagangan sebesar 74,9 persen, kemudian pertanian dan perkebunan 14,8 persen, sektor jasa 3,8 persen, perikanan dan peternakan 3,7 persen, serta sektor kerajinan 2,8 persen.

Sebaran nasabah didominasi di Pulau Jawa sebesar 60,4 persen, Sumatera 24,8 persen, Bali dan Nusa Tenggara 6,5 persen, Sulawesi 6,3 persen, Kalimantan 1,6 persen, dan Maluku serta Papua 0,4 persen.

"Kesinambungan pemberdayaan pelaku usaha di PNM terus dijaga dari mulai pembiayaan ultra mikro yang sangat kecil mulai dari Rp2 juta, terus sampai meningkat hingga naik kelas, bahkan kami dampingi sampai ke capita market apabila nasabah sangat sukses dalam usahanya," kata Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM tersebut.

Baca juga: Pengamat: Holding ultra mikro dorong percepatan digitalisasi UMKM

Tenaga Account Officer (AO) PNM pendamping lapangan kurang lebih 47 ribu orang di mana 98 persennya didominasi generasi millenial.

Sebelumnya Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir mengapresiasi kinerja Account Officer (AO) PT  PNM yang terus berjuang membantu para pelaku UMKM naik kelas.

Erick Thohir memberikan secara langsung beasiswa pendidikan kepada Account Officer (AO) Mekaar PNM untuk mendukung pendidikan generasi milenial tersebut.

Pemberian beasiswa dilakukan menggunakan dana pribadi dari Erick Thohir kepada AO Mekaar PNM. Erick Thohir juga memuji kinerja para AO PNM Mekaar yang dinilai bisa menjadi contoh bagi para pemimpin BUMN.

AO PNM adalah generasi muda yang langsung turun ke jalan di garis terdepan membantu nasabah PNM Mekaar.

Menurut Erick, AO PNM menjadi contoh konkret untuk pimpinan BUMN agar tidak hanya memberikan pengarahan tapi juga turun langsung melihat realitas di lapangan.

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Target migrasi nasabah BSI Palangka Raya selesai Agustus

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar