Jakarta (ANTARA) - Sekjen DPP Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Marsekal Muda TNI Purn. FX. Soejitno mengajak generasi milenial serta generasi Z untuk mengabadikan kisah perjuangan bangsa lewat lomba karya tulis dan poster.

Marsda TNI Purn. FX. Soejitno saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat, mengatakan ingin mengajak dan menggugah generasi milenial dan generasi Z dengan bahasa dan pengetahuannya untuk bercerita tentang sejarah perjuangan bangsa lewat lomba tersebut.

Baca juga: LVRI: Posisi veteran ke depannya dari pejuang ke pembela kemerdekaan

Di samping generasi muda, Marsda TNI Purn. FX. Soejitno juga menyebut bahwa lomba yang digelar dalam rangka memperingati Hari Veteran Nasional tahun 2021 itu terbuka untuk masyarakat luas.

"LVRI coba gugah semua apakah itu pelajar, mahasiswa, masyarakat biasa, aparatur sipil negara (ASN), kalangan militer, hingga anak-anak veteran," kata Marsda TNI Purn. FX. Soejitno.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa lomba ini bertujuan untuk menggali sekaligus mengingatkan kembali kisah-kisah perjuangan dan eksistensi veteran dalam sejarah bangsa.

Marsda TNI Purn. FX. Soejitno menjelaskan, kisah perjuangan para veteran bangsa itu tidak terbatas di era perang kemerdekaan saja tetapi juga termasuk kisah-kisah di balik Operasi Trikora, Dwikora, hingga perjuangan di Timor Timur atau yang sekarang bernama Timor Leste.

Mantan Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) itu menyatakan bahwa lomba ini dapat pula diikuti pemuda dan masyarakat di daerah untuk menggali tokoh dan kisah heroik yang mungkin jarang terdengar selama ini.

Baca juga: Ketum DPP LVRI: Jangan biarkan pemerintah sendiri mengatasi COVID-19

Sementara itu, Kepala Humas DPP LVRI Sudadi Idad mengatakan lomba karya tulis dan poster ini mendapat respons positif dan antusiasme yang cukup tinggi dari masyarakat.

Sudadi menyebut pelaksanaan lomba akan berakhir pada Rabu, 25 Agustus 2021 dan pemenang lomba akan diumumkan pada 9 September 2021 mendatang.

Dia juga menjelaskan bahwa hadiah bagi para pemenang lomba masing-masing kategori yakni juara pertama akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp7 juta, juara kedua Rp5 juta, juara ketiga Rp3 juta, dan juara keempat Rp2 juta.

Untuk teknisnya, panitia penyelenggara menyediakan dua kategori lomba karya tulis dan satu kategori lomba pembuatan poster. Lomba sendiri terbuka untuk umum dan internal organisasi LVRI dan Pemuda Panca Marga (PPM).

Untuk kategori pertama, dibuka lomba karya tulis bebas dengan pilihan judul yakni "Kakek/Nenekku atau Bapak/Ibuku Seorang Veteran Sejati" dan "Sosok Veteran yang Aku Kenal".

Lalu untuk kategori kedua yaitu terkait sejarah perjuangan di daerah yang dapat meliputi beberapa peristiwa antara lain peristiwa Perang Kemerdekaan RI, Operasi Trikora, Operasi Dwikora, Operasi Seroja, dan Operasi Perdamaian Dunia (PBB).

Syarat penulisan maksimal enam halaman dan diketik di kertas A4 dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran huruf 14, spasi 1,5, dilengkapi foto dokumentasi (jika ada), dan tulisan merupakan karya asli, bukan saduran atau plagiat.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai tata cara lomba, peserta dapat mengunjungi laman resmi LVRI (veteranri.go.id).

Baca juga: LVRI ajak pemuda dan masyarakat bersatu padu hadapi pandemi COVID-19

Baca juga: Delapan pesawat F-16 siap meriahkan HUT Kemerdekaan RI

Pewarta: Muhammad Jasuma Fadholi
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2021