Masyarakat OKU mendesak Gubernur Sumsel segera tunjuk penjabat Bupati

Masyarakat OKU mendesak Gubernur Sumsel segera tunjuk penjabat Bupati

Ilustrasi kursi jabatan kosong. ANTARA/HO

...jadi tidak ada alasan lagi menunda-nunda penunjukan pejabat bupati
Baturaja (ANTARA) - Sejumlah elemen masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) mendesak Gubernur Sumsel Herman Deru agar segera menunjuk penjabat Bupati OKU untuk mendukung pembangunan di kabupaten berpenduduk 371.996 jiwa tersebut.

"Sekarang sudah saatnya Kabupaten OKU dipimpin oleh Penjabat Bupati, bukan dijabat pelaksana harian," kata salah seorang tokoh masyarakat OKU Eko Sungkono, di Baturaja, Jumat.

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan agar tidak menghambat roda pemerintahan termasuk administrasi kepegawaian di jajaran Pemkab OKU, seperti perjalanan dinas, pensiun dan mutasi yang terkendala akibat belum ditetapkannya pemimpin daerah setempat.

Oleh karena itu, kata dia, pihak terkait dalam hal ini Gubernur Sumsel Herman Deru agar segera mengajukan nama-nama yang memenuhi kriteria kepada Menteri Dalam Negeri.

"Kalau sebelumnya mungkin kurang etis karena Wabup nonaktif Johan Anuar (JA) masih menjalani persidangan. Tetapi kini perkara hukum Pak JA sudah inkrah, jadi tidak ada alasan lagi menunda-nunda penunjukan pejabat bupati," katanya pula.

Mantan anggota DPRD OKU ini juga menyarankan agar anggota dewan setempat berkonsultasi ke Kemendagri untuk melaksanakan pemilihan bupati dan wakil bupati melalui lembaga DPRD.

Sementara itu, anggota DPRD OKU Indrawati secara terpisah mengatakan, memang sudah ada wacana untuk melakukan pemilihan bupati dan wakil bupati oleh DPRD OKU.

"Penunjukan Penjabat Bupati OKU ini dilakukan untuk kelancaran dan kelangsungan administrasi kepegawaian dan pembangunan di OKU secara menyeluruh," katanya pula.
Baca juga: Wabup OKU divonis delapan tahun penjara
Baca juga: 8 Fraksi DPRD OKU tolak penunjukan Edward sebagai Plh bupati

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Bupati dan tiga pejabat Jember kembalikan honor pemakaman

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar