Jakarta (ANTARA News) - Buku berjudul "Obama dan Pluralisme" diluncurkan bertepatan dengan rencana kedatangan Presiden Amerika Serikat Barrack Obama ke Indonesia.

"Buku ini karya yang sangat pribadi bagi saya," kata penulis buku "Obama dan Pluralisme", Damien Dematra saat peluncuran buku di Aula Yayasan Asisi di Jakarta, Selasa.

Obama pernah bersekolah selama tiga tahun di SD Fransiskus Asisi di jalan KH Ramli, Menteng Dalam, Tebet Jakarta pada 1968.

Presiden negara adidaya itu dijadualkan berkunjung ke Indonesia dan berada di Jakarta selama dua hari pada Selasa hingga Rabu (9-10/11).

Buku setebal 34 centimeter dengan 5247 halaman tersebut merupakan buku ketujuh karya Damien yang menceritakan tentang Obama.

Buku tersebut memecahkan rekor buku tertebal di dunia dan mengalahkan rekor yang dipegang Agatha Christie yang menulis buku setebal 4032 halaman.

Buku itu dibuat dalam waktu kurang dari satu tahun dan pencetakannya dikerjakan oleh hampir 40 orang dalam waktu lima hari lima malam.

Damien saat peluncuran "Obama dan Pluralisme" mengatakan awalnya ia bukanlah pengagum Obama tapi justru menjadi penggemar saingannya yaitu Hillary Clinton.

"Tapi setelah menulis Obama Anak Menteng dan mengenal lebih dalam kepribadiannya yang luar biasa, saya menjadi penggemarnya," kata Damien.

Damien mengatakan, ke depan ia akan membuat film lainnya tentang Obama yang merupakan lanjutan "Obama Anak Menteng" yang direncanakan diberi judul "Obama Dari Asisi".(*)
(T.D016/R009)

Oleh
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010