Liga Jerman

Gladbach dan Bayern berbagi poin buka Liga Jerman musim 2021/22

Gladbach dan Bayern berbagi poin buka Liga Jerman musim 2021/22

Penyerang Bayern Muenchen Robert Lewandowski (kanan) berebut bola udara dengan bek Borussia Moenchengladbach Stefan Lainer (tengah) dalam pertandingan pembuka Liga Jerman 2021/22 di Stadion Borussia Park, Moenchengladbach, Jerman, Jumat (13/8/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Wolfgang Rattay)

Jakarta (ANTARA) - Borussia Moenchengladbach dan Bayern Muenchen berbagi poin setelah bermain imbang 1-1 dalam laga pembuka Liga Jerman musim 2021/22 di Stadion Borussia Park, Jumat waktu setempat (Sabtu WIB).

Gladbach lebih dulu memimpin atas tim juara bertahan melalui Alassane Plea sebelum bomber Bayern Robert Lewandowski menyamakan kedudukan dan skor 1-1 bertahan hingga bubaran, demikian catatan laman resmi Liga Jerman.

Di bawah pelatih baru Julian Nagelsmann, Bayern tetap tampil agresif mendominasi sedikitnya 65 persen penguasaan bola sepanjang laga dan melepaskan tak kurang dari 20 percobaan tembakan.

Baca juga: Nagelsmann dituntut persembahkan gelar juara liga ke-10 berturut-turut

Sayangnya, dari sembilan tembakan yang tepat sasaran, delapan di antaranya mampu dimentahkan oleh kiper Gladbach Yann Sommer yang patut disemati gelar pemain terbaik di laga kali ini.

Gladbach mengambil inisiatif serangan di awal laga dan Florian Neuhaus sempat mengirimkan umpan terobosan apik yang bisa dikejar Patrick Hermann dan nyaris diteruskan ke tengah kotak penalti di mana Lars Stindl menanti, tetapi Joshua Kimmich mampu melakukan hadangan penting untuk memberi kesempatan bola diamankan oleh kiper Manuel Neuer.

Sayangnya, pada menit ke-10 Stindl mampu mengirimkan umpan yang tak bisa diantisipasi bek anyar Bayern, Dayot Upamecano, dan mendarat tepat di hadapan Plea yang tinggal menaklukkan Neuer demi membawa Gladbach memimpin atas sang juara bertahan.

Baca juga: Benjamin Pavard absen lama bela Bayern akibat cedera pergelangan kaki

Gol itu seolah melecut semangat para pemain Bayern yang perlahan-lahan mengambil kendali permainan tetapi tembakan voli Lewandowski menyambut umpan Alphonso Davies pada menit ke-26 masih bisa diamankan Sommer.

Tiga menit jelang turun minum dominasi Bayern akhirnya membuahkan hasil ketika sepak pojok kiriman Kimmich mampu disambut Lewandowski dengan tembakan sentuhan pertama yang membuat Sommer tak berkutik dan skor jadi imbang 1-1.

Gladbach yang memasuki babak kedua dalam keadaan tertekan nyaris merestorasi keunggulan mereka pada menit ke-55, sayangnya tembakan Neuharus ke area tiang dekat masih bisa diamankan oleh Neuer.

Di ujung gawang yang berbeda, Sommer kemudian melakukan dua penyelamatan gemilang menggunakan kakinya untuk menghalau tembakan Davies dan Lewandowski demi menjaga skor tetap imbang.

Baca juga: Direktur Bayern Muenchen akui tertarik mendatangkan Erling Haaland

Pada menit ke-77 dan dua menit berselang, dua umpan tarik berbahaya melintas di muka gawang Bayern sayangnya Marcus Thuram dan Stindl selalu gagal menjangkau bola dan kesempatan Gladbach kembali memimpin berlalu terbuang.

Bayern terus berjibaku hingga akhir laga dan pada menit kelima injury time Kingsley Coman menari dari area sayap untuk mengirimkan umpan tarik, sayang tembakan Kimmich masih melenceng dari sasaran dan skor 1-1 bertahan hingga peluit bubaran terdengar.

Di pertandingan selanjutnya, Gladbach akan bertandang ke BayArena menghadapi Bayer Leverkusen pada Sabtu (21/8) pekan depan, sedangkan Bayern sehari kemudian menjamu FC Cologne di Allianz Arena.

Namun, sebelumnya pada Selasa (17/8) Bayern akan terlebih dulu menjalani pertandingan Piala Super Jerman melawan Borussia Dortmund di Signal Iduna Park.

Baca juga: Neuer tetap kapten Bayern Muenchen, Nagelsmann dukung Sane

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Teguh Handoko
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar