Tenis

Medvedev ke semifinal Canada Masters meski kalah di set pertama

Medvedev ke semifinal Canada Masters meski kalah di set pertama

Arsip - Petenis Rusia Daniil Medvedev bereaksi saat melawan petenis Yunani Stefanos Tsitsipas dalam pertandingan perempat final tunggal putra French Open di Paris pada 8 Juni 2021. AFP/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT

Jakarta (ANTARA) - Unggulan teratas Daniil Medvedev lolos ke babak semifinal Canada Masters 2021 setelah bangkit dari kekalahan di set pertama melawan Hubert Hurkacz, Jumat malam waktu Toronto.

Kemenangan 2-6, 7-6(6), 7-6(5) yang diciptakan petenis Rusia itu sekaligus menjadi pembalasannya terhadap Hurkacz atas kekalahan di babak perempat final Wimbledon lebih dari satu bulan lalu.

"Itu jelas tidak mudah, karena dia berada di atasku. Tetapi untuk memenangkan pertandingan seperti ini butuh dorongan kepercayaan diri yang besar. Senang bisa berdiri di sini dan lolos," kata Medvedev seperti dilansir ATP Tour di laman resminya, Sabtu.

Baca juga: Osaka, Medvedev, unggulan teratas yang akan tampil di turnamen Kanada
Baca juga: Nishikori semakin percaya diri usai tampil di Olimpiade Tokyo


Kini Medvedev mencatatkan skor pertemuan 1-1 dengan petenis Polandia itu dengan kemenangan yang diwarnai 38 winner, termasuk 23 ace, saat Hurkacz tidak kehilangan servisnya sama sekali sekali dalam laga itu.

Pada babak empat besar turnamen ATP Masters 1000 ini, Medvedev masih menanti calon lawan antara unggulan ke-11 Gael Monfils dan John Isner. Medvedev berambisi untuk mengamankan gelar ATP Masters untuk keempat kalinya, serta gelar tingkat tur ke-12 secara keseluruhan.

Saat memulai laga, kedua petenis berusaha mengamankan dominasi di lapangan. Namun Hurkacz lebih cepat beradaptasi dan mencari celah dari kelemahan Medvedev. Ia bermain rapat dan mengamankan set pembuka.

Hurkacz masih sangat solid di set kedua, namun Medvedev meningkatkan servisnya dan melakukan pukulan reli ke berbagai sisi untuk memaksa Hurkacz keluar dari zona nyamannya di baseline.

Cara ini sukses mengantarkan Medvedev menyamakan kedudukan di set kedua. Masuk set ketiga, Hurkacz tak sanggup untuk meningkatkan level permainan sehingga berada di bawah kendali Medvedev. Ace ke-23 yang dilepaskan Medvedev menjadi penentu kemenangan set ketiga dan mengantarkannya menuju semifinal.

Baca juga: Pertandingan kualifikasi US Open tanpa penonton
Baca juga: Williams bersaudara dan Sofia Kenin mundur dari Cincinnati Open
Baca juga: Andy Murray amankan tiket undian US Open setelah Wawrinka mundur

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Raih 6 emas, DIY juara umum tenis kursi roda Peparnas XVI

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar