Google Tawarkan Wi-Fi Gratis bagi Penerbangan

New York (ANTARA News) - Google menggandeng tiga maskapai penerbangan utama Amerika Serikat (AS) untuk menyediakan akses Internet gratis pada penerbangan domestik musim liburan ini.

Pernyataan itu diungkapkan oleh perusahaan mesin pencari itu Senin (8/11), seperti dikutip CNN.

Menurut blog yang di posting Wakil Presiden manajemen produk Google, Sundar Pichai, Wi-Fi gratis akan tersedia bagi penumpang AirTran (AAI), Delta dan Virgin America mulai 20 November 2010 sampai 2 Januari 2011.

Tahun lalu, Google (GOOG, Fortune 500) mengoperasikan Wi-Fi gratis di udara untuk promosi Virgin America. Tetapi, itu juga didukung oleh akses Internet gratis di lusinan bandara sekitar AS. Menurut seorang wakil Google, perusahaan itu tidak akan mengulang penawaran itu tahun ini.

Virgin America, merupakan satu-satunya maskapai penerbangan yang berpartisipasi dalam promosi perdana Google tahun lalu. Perusahaan penerbangan itu mengatakan penumpang terus meningkatkan penggunaan Wi-Fi dalam penerbangan sejak Virgin America meluncurkan pelayanan pada tahun 2008.

"Kami melihat lonjakan jumlah penumpang mengakses Internet setelah hadiah Wi-Fi gratis tahun lalu dan kami berharap melihat peningkatan lagi. Sekali orang mencoba WiFi pada ketinggian 35.000 kaki mereka jarang kembali," kata David Cush, chief executive Virgin America dalam pernyataan yang disiapkan.

Untuk promosi tahun ini, Google mengatakan mereka memilih untuk bekerja sama dengan maskapai penerbangan yang melengkapi seluruh armada penerbangan domestik mereka dengan teknologi nirkabel Gogo. Itu meninggalkan operator seperti American Airlines (AMR, Fortune 500), yang hanya mengadopsi teknologi pada beberapa pesawat mereka.

Gogo merupakan "provider" nirkabel di AS. Diperkirakan layanan gratis akan tersedia pada lebih dari 700 penerbangan, dan kira-kira 15 juta penumpang akan menggunakannya musim liburan ini. Seorang juru bicara Gogo mengatakan penawaran gratis tahun ini merupakan yang terbesar.

Delta (DAL, Fortune 500), mengoperasikan armada terbesar di dunia yang memiliki Wi-Fi dalam penerbangan. Delta mengatakan mereka berharap lebih dari 11 juta pelanggan memperoleh manfaat dari promosi liburan.

(ENY/S026)

Penerjemah:
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2010

Ini cara Google batasi hoaks soal COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar