Jakarta (ANTARA) - Kurma kaya nutrisi dengan berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya serat untuk usus yang sehat, menurut pakar kesehatan Meghan Sedivy, RD, LDN.

Menurut Sedivy, sebanyak 3,5 ons kurma menyediakan hampir 7 gram serat.

"Kurma pembangkit nutrisi, dikemas dengan serat untuk membantu membuat Anda kenyang lebih lama, serta meningkatkan pencernaan yang sehat dan kesehatan jantung," kata dia seperti dikutip dari Real Simple, Sabtu.

Kurma juga sumber potasium yang membantu otot berkontraksi, saraf berfungsi, dan jantung berdetak secara teratur.

Beberapa antioksidan paling kuat ditemukan di dalam kurma termasuk flavonoid yang terbukti mengurangi risiko diabetes, penyakit Alzheimer, dan jenis kanker tertentu, karotenoid (terbukti meningkatkan kesehatan jantung), dan asam fenolik (dapat membantu menampilkan aktivitas antikanker).

Sebagai manfaat tambahan, Sedivy mencatat, kurma juga mengandung berbagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan dapat membantu mencegah risiko penyakit tertentu.

Manfaat lain makanan yang kerap disantap para Muslim terutama saat bulan Ramadhan ini juga bisa meningkatkan kekuatan otak. Studi menunjukkan, konsumsi kurma secara teratur biasanya dikaitkan dengan risiko gangguan neurodegeneratif yang lebih rendah (seperti penyakit Alzheimer) dan kinerja kognitif yang lebih baik.

Penelitian yang sedang berlangsung juga memperlihatkan diet kaya kurma dapat meningkatkan memori.

Baca juga: Keajaiban Kurma

Porsi dan tips nikmati kurma

Menurut Sedivy, porsi yang tepat saat konsumsi kurma yakni sekitar seperempat cangkir, tetapi jika Anda khawatir tentang jumlah gula dan kalori, Anda bisa makan dua hingga tiga buah kurma besar untuk menuai semua manfaat kesehatan yang terkait dengannya.

Cara mudah agar Anda terbiasa mengonsumsi kurma salah satunya dengan menjadikannya makanan pencuci mulut.

Secara pribadi, Sedivy suka memakannya sebagai camilan. Dia biasanya memakan dua hingga tiga kurma Medjool dengan sesendok besar selai kacang alami untuk membantu mengisi tenaganya sampai waktu makan berikutnya. Cara ini juga memuaskan keinginannya pada sesuatu yang rasanya manis.

Anda juga bisa mencampurkan kurma ke dalam smoothie.

Masukkkan beberapa kurma medjool bersama dengan oat atau susu almond tanpa pemanis, es, dan kayu manis ke dalam blender lalu biarkan semuanya bercampur.

Baca juga: Manfaat kesehatan kurma direndam susu

Baca juga: Khasiat kurma untuk kesehatan hingga vitalitas pria

Baca juga: Resep Lebaran - Jus kurma leci

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2021