Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan selaku Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat di Jawa-Bali meminta Pemerintah Kabupaten Bogor di Provinsi Jawa Barat memaksimalkan pemanfaatan fasilitas isolasi terpusat bagi pasien COVID-19 guna menekan risiko penularan virus corona.

"Berdasarkan data sampai kemarin, kasus aktif di Kabupaten Bogor masih ada 1.378, dan ini perlu penanganan yang baik," kata Luhut, yang pada Sabtu mengunjungi sentra vaksinasi dan pusat isolasi terpusat di Kabupaten Bogor, sebagaimana dikutip dalam siaran pers pemerintah.

Luhut menyebut banyaknya pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah sebagai kelemahan dalam upaya penanggulangan infeksi virus corona saat ini.

"Kelemahan kita itu karena isoman (isolasi mandiri) di rumah terlalu banyak. Kalau kena, paling bagus itu masuk isoter (fasilitas isolasi terpusat), karena di isoter itu semua ada. Dokternya ada, makannya bagus, obatnya cukup, pemeriksaan lainnya bagus," katanya.

Pasien COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri di rumah di Kabupaten Bogor tercatat 51 persen dari seluruh penderita.

Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Bogor diminta memaksimalkan pemanfaatan fasilitas isolasi terpusat yang sudah disiapkan untuk memastikan pasien COVID-19 yang menjalani karantina terpantau dan tertangani dengan baik.

Luhut mengemukakan bahwa angka kesembuhan pasien yang menjalani karantina di fasilitas isolasi terpusat bisa mencapai 99 persen, bahkan sampai 100 persen di daerah seperti Buleleng, Bali.

Selain itu, dia mengemukakan pentingnya percepatan peningkatan cakupan vaksinasi COVID-19 dalam upaya menekan penularan virus corona.

"Kami sudah sepakat, Bu Ade (Bupati Bogor) harus bisa menyuntik (vaksin) 100.000 per hari. Diharapkan mulai minggu depan sudah mulai bisa," katanya.

Luhut juga menyarankan Pemerintah Kabupaten Bogor memberikan perhatian khusus pada pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi ibu hamil.

Luhut didampingi oleh Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Ganip Warsito saat mengunjungi Kabupaten Bogor pada Sabtu.

Selama di Kabupaten Bogor, Luhut bersama rombongan pejabat pemerintah mengunjungi sentra pelayanan vaksinasi di Stadion Pakansari serta pusat isolasi di kompleks Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri di Kecamatan Kemang.

Pusat isolasi di kompleks BPSDM menangani total 1.057 pasien COVID-19 dan sebagian besar sudah sembuh. Jumlah pasien COVID-19 yang masih menjalani karantina di fasilitas itu tinggal empat orang.

Luhut sempat melakukan panggilan video dengan pasien yang sedang menjalani karantina di fasilitas tersebut.

Baca juga:
Bupati Bogor gandeng ormas hingga FKUB untuk percepat vaksinasi
Kabupaten Bogor luncurkan mobil vaksinasi untuk jangkau warga pelosok


 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2021