"Orang harus tahu bagaimana zakat bisa memperbaiki ekonomi, bagaimana zakat itu bisa mengubah kehidupan orang, dan bagaimana zakat itu bisa menciptakan pemberdayaan sosial...''
Jakarta (ANTARA) - Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama RI, Tarmizi Tohor mengapresiasi adanya gerakan inovasi berupa Program Kampus Zakat yang diinisiasi oleh Forum Zakat (FOZ).

"Saya ingin sekali melihat nantinya, kampus ini memberikan sumbangsih dalam pengembangan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang zakat secara detail, sehingga betul-betul bisa dipahami orang tidak hanya dalam bentuk yang tradisional," kata Tarmizi dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Penandatanganan nota kesepahaman telah dilakukan antara 61 Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dan 16 kampus untuk berkolaborasi dalam Program Kampus Zakat.

Menurut Tarmizi, saat ini, kebanyakan orang hanya tahu bahwa jika tidak berzakat maka akan berdosa. Zakat bisa mendatangkan sejumlah manfaat termasuk perbaikan ekonomi pada penerima zakat dan pemberdayaan sosial.

"Orang harus tahu bagaimana zakat bisa memperbaiki ekonomi, bagaimana zakat itu bisa mengubah kehidupan orang, dan bagaimana zakat itu bisa menciptakan pemberdayaan sosial. Karena itu, perlu sekali kerja sama dengan perguruan tinggi untuk mengembangkan literasi zakat di tengah masyarakat," tuturnya.

Dengan demikian, diharapkan akan lahir amil profesional yang adaptif, strategis dan mampu menjawab tantangan zaman.

"Jadi ke depan, amil bukan hanya sekedar bekerja mengumpulkan zakat tapi dia juga bisa memberikan penjelasan secara modern di tengah masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Forum Zakat Irvan Nugraha mengatakan Program Kampus Zakat hadir karena menyadari karena tidak terhitungnya ide besar untuk gerakan zakat yang lahir dari instansi pendidikan tinggi.

"Gerakan Zakat boleh jadi tidak akan lahir tanpa aktivis kemahasiswaan, dan semangat kerelawanan mahasiswa juga terus berputar karena kehadiran amil zakat,” tutur Irvan yang juga merupakan CMO Rumah Zakat itu.
Baca juga: Forum zakat komitmen tingkatkan kontribusi dalam pembangunan nasional
Baca juga: Forum Zakat perkuat kolaborasi pemberdayaan masyarakat
Baca juga: Forum Zakat himpun Rp567 miliar untuk penanganan COVID-19

Pewarta: Martha Herlinawati Simanjuntak
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2021