Pandemi ini diperkirakan masih berlangsung lama, maka kita harus mampu hidup berdampingan dengan COVID melalui vaksinasi
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koperasi dan UKM bekerja sama dengan Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo), Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), dan Uniqlo (perusahaan ritel global asal Jepang) membantu percepatan pemulihan ekonomi nasional dengan program vaksinasi COVID-19 kepada pelaku UMKM.

"Hasil kolaborasi pelaku usaha dan pemerintah ini diharapkan bisa mempercepat pembentukan kekebalan komunitas, sekaligus menciptakan rasa nyaman bagi konsumen saat berbelanja," kata Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM Hanung Harimba Rahman pada acara vaksinasi di Sentra Vaksinasi Hippindo, kawasan Citra Raya, Tangerang, Banten, Sabtu.

Uniqlo mendukung Sentra Vaksinasi Kemenkop UKM-Hippindo yang bekerja sama dengan Pemprov Banten dan Apindo, di Sport Hall Citra Raya, Tangerang, Banten, setelah sebelumnya dilaksanakan di Surabaya.

Sentra Vaksinasi ini beroperasi setiap Rabu hingga Minggu pukul 08.00-15.00 WIB dengan target 2.500 akseptor per hari.

Vaksin tahap pertama berlangsung sejak 14 Agustus 2021 hingga 29 Agustus 2021. Sedangkan tahap kedua pada 11-26 September 2021.

Hanung menambahkan saat ini merupakan momentum membangun kebersamaan dan kerja sama dengan banyak pihak dalam menghadapi COVID-19.

"Pandemi ini diperkirakan masih berlangsung lama, maka kita harus mampu hidup berdampingan dengan COVID melalui vaksinasi," jelasnya.

Dia berharap dengan program percepatan vaksinasi ini dapat diikuti dengan mengaktivasi kegiatan ekonomi di seluruh sektor.

"Ekonomi masyarakat harus segera dipulihkan. Namun, meski sudah vaksin, harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Hanung.

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah menyebutkan bahwa vaksinasi adalah satu langkah awal untuk mengembalikan daya beli masyarakat yang sempat terjun bebas karena pandemi. "Sehingga, ekonomi bisa pulih kembali," katanya.

Selain itu, Budihardjo mengatakan pembukaan sentra vaksinasi di berbagai daerah merupakan dukungan kepada pemerintah dalam percepatan vaksinasi untuk mencapai herd immunity yang diharapkan, sehingga pemulihan ekonomi segera terwujud.

"Harapannya, kalau herd immunity sudah terbentuk, belanja pun menjadi tenang, dunia perdagangan kembali normal, ekonomi pun kembali pulih," kata Budihardjo.

Untuk wilayah Jakarta, Hippindo mencatat jumlah dosis vaksin yang diberikan mencapai 101.239 dosis yang terdiri atas vaksin tahap 1 kepada 91.669 penerima dan vaksin tahap 2 kepada 9.570 penerima dari wilayah Jabodetabek.

Vaksinasi berjalan selama 17 Juni sampai 22 Juli 2021. Para penerima terdiri atas anggota Hippindo dan ekosistem di dalamnya yakni sejumlah asosiasi dan pelaku UKM, masyarakat umum, anak berusia di atas 12 tahun, dan penyandang disabilitas.

Targetnya, vaksinasi tahap pertama yang akan berakhir 14 Agustus ini akan diberikan kepada 150.000 penerima dengan kuota 5.000 penerima per hari.

"Ini juga menjadi bentuk kepedulian kami kepada masyarakat agar akses untuk mendapatkan vaksinasi gratis makin mudah," tukas Budihardjo.

Sementara Director of Corporate Affairs Uniqlo Irma Yunita mengatakan sentra vaksinasi buah kolaborasinya dengan Hippindo ini merupakan bentuk dukungan Uniqlo kepada masyarakat Indonesia, sekaligus sebagai komitmen untuk mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi.

"Kami berharap sentra vaksinasi ini dapat menjangkau masyarakat yang lebih luas, khususnya yang berada di Tangerang dan sekitarnya, dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Indonesia," pungkas Irma.

Baca juga: Kemenkop UKM: Bantuan-stimulus cegah UMKM terlempar dari arena bisnis
Baca juga: Kemenkop UKM targetkan 30 juta UMKM untuk 2024
Baca juga: Teten: Upaya pemerintah kembangkan UMKM harus didukung masyarakat


Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2021