alat tersebut akan sangat bermanfaat
Semarang (ANTARA) - Yayasan Internasional World Harvest Cabang Jawa Tengah menyalurkan bantuan berupa 10 unit konsentrator oksigen (oxygen concentrator) untuk Pelaksana Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (PP MAJT).

Bantuan tersebut diserahterimakan oleh Direktur Regional World Harvest Dr Budi Hidajat MA MBA kepada Ketua PP MAJT Prof Dr KH Noor Achmad MA di Aula MAJT, Kota Semarang, Sabtu, yang diawali oleh penandatangan berita acara serah terima bantuan dan dilanjutkan dengan demonstrasi cara menggunakan konsentrator oksigen,

"Yayasan World Harvest menyalurkan 350 unit konsentrator oksigen ke seluruh Indonesia, 10 unit di antaranya untuk MAJT," kata Direktur Regional World Harvest Budi Hidajat.

Menurut dia, konsentrator oksigen berfungsi sebagai pengganti tabung oksigen yang biasa dipakai di rumah sakit maupun di rumah-rumah, yakni dengan cara memroses udara di ruangan menjadi oksigen tanpa pernah habis.

Dengan demikian, kata dia, kapanpun alat tersebut digunakan maka oksigen dapat dihasilkan.

"Jadi oksigen yang dihasilkan dari oxygen concentrator tidak akan pernah habis untuk digunakan. Ini sebagai pembeda dengan tabung oksigen yang biasa digunakan pasien di rumah sakit yang harus ada isi ulang," katanya menegaskan.

Baca juga: Bantuan oksigen konsentrator bukti solidaritas Singapura dan Indonesia
Baca juga: WHO kirim bantuan 700 oksigen konsentrator untuk Indonesia


Sementara itu, Ketua PP MAJT Prof KH Noor Achmad menyampaikan terima kasih atas bantuan berupa konsentrator oksigen dari Yayasan World Harvest.

"Tentu alat tersebut akan sangat bermanfaat untuk mendukung kesehatan umat, di tengah masih sulitnya tabung oksigen akhir-akhir ini yang dipicu pandemi COVID-19. Dengan langsung dibagi ke semua poliklinik, diharapkan alat tersebut akan langsung digunakan," katanya.

Usai menerima bantuan, Prof Noor segera membagikan konsentrator oksigen tersebut untuk sejumlah poliklinik, antara lain Poliklinik MAJT sebanyak tiga unit, Poliklinik Masjid Agung Semarang dua unit, Poliklinik Universitas Wahid Hasyim (Unwahas) Semarang dua unit, Poliklinik Nahdlatul Ulama Mranggen satu unit, Poliklinik dr Adib satu unit, dan Poliklinik Pundenarum satu unit.

Acara serah terima bantuan tersebut juga dihadiri Ketua Takmir Masjid Agung Semarang KH Hanief Ismail Lc, Sekretaris PP MAJT Drs KH Muhyiddin MAg, Wakil Rektor 2 Unwahas Zaen Yusuf, Bendahara PP MAJT Dr Nur Hadi SE Akt MM, serta sejumlah perwakilan poliklinik. 

Baca juga: Tanoto Foundation sumbang 3.000 konsentrator oksigen kepada pemerintah
Baca juga: Indonesia terima 300 konsentrator, 100 MT oksigen medis dari India
Baca juga: IPB rancang konsentrator oksigen respons kelangkaan

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2021