Liga Inggris

Mohamed Salah pecahkan rekor saat bantu Liverpool bungkam Norwich

Mohamed Salah pecahkan rekor saat bantu Liverpool bungkam Norwich

Penyerang Liverpool Mohamed Salah merayakan golnya ke gawang Norwich City dalam laga pekan pembuka Liga Inggris 2021/22 di Stadion Carrow Road, Norwich, Inggris, Sabtu (14/8/2021) waktu setempat. (ANTARA/REUTERS/Peter Cziborra)

Jakarta (ANTARA) - Mohamed Salah memecahkan rekor lewat satu golnya yang membantu Liverpool membungkam tuan rumah Norwich City 3-0 dalam laga pekan pembuka Liga Inggris di Stadion Carrow Road, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Dengan gol tersebut, Salah jadi pemain pertama di era Liga Premier yang selalu berhasil menjebol gawang lawan dalam pertandingan pembuka musim lima musim beruntun.

Selain menjebol gawang Norwich, Salah juga berperan langsung mengirimkan assist untuk dua gol pertama Liverpool yang dicetak Diogo Jota dan Roberto Firmino, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Hasil itu sekaligus memperpanjang torehan positif Juergen Klopp yang tidak pernah kalah dalam laga pembuka musimnya bersama Liverpool untuk enam musim beruntun.

Baca juga: Everton bangkit lawan Southampton, Vardy bawa Leicester atasi Wolves
Baca juga: Solskjaer yakin suporter Man United bisa bujuk Pogba untuk bertahan


Norwich sebetulnya sempat mengawali pertandingan dengan baik dan mengendalikan penguasaan bola di setidaknya 15 menit awal, tapi mereka belum mampu membangun serangan yang cukup berbahaya.

Justru Liverpool yang lebih dulu mengancam pada menit ke-11 kala umpan silang Trent Alexander-Arnold mampu ditemui tandukan Jota, tetapi bola bisa ditepis oleh kiper Tim Krul ke atas mistar gawang.

Pada menit ke-20 Norwich nyaris membuka keunggulan ketika Todd Cantwell mengirimkan umpan silang yang bisa dikendalikan oleh Teemu Pukki, sayang tembakan sudut sempit penyerang Finlandia itu masih berhasil dihalau oleh kiper Alisson Becker.

Kebuntuan akhirnya pecah enam menit kemudian, ketika Salah tak sempurna mengendalikan umpan kiriman Alexander-Arnold. Beruntun bagi Liverpool, bola pengendalian Salah bergulir ke hadapan Jota yang segera menyambarnya dengan sepakan terukur untuk membawa Liverpool memimpin.

Baca juga: Chelsea pegang penuh kendali saat bekuk Crystal Palace 3-0
Baca juga: Trigol Bruno Fernandes antar MU awali musim lumat Leeds 5-1


Keunggulan satu gol Liverpool bertahan hingga turun minum dan Klopp melakukan pergantian ganda krusial dengan memasukkan duo Brazil Fabinho serta Firmino untuk menggantikan Alex Oxlade-Chamberlain serta Jota.

Empat menit merumput, Firmino langsung memainkan peranan penting dengan menggandakan keunggulan Liverpool. Berawal dari tembakan Sadio Mane yang dihalau Grant Hanley, bola liar bisa dikejar dan dikirimkan Salah ke tengah kotak penalti di mana Firmino berlari tanpa kawalan untuk memperdaya Krul.

Salah akhirnya melengkapi penampilan gemilangnya dengan turut mencatatkan diri ke papan skor pada menit ke-74 kala ia sigap berjaga di tepian kotak penalti untuk mengendalikan dan menembak bola sapuan sepak pojok demi memperlebar keunggulan Liverpool 3-0.

Norwich berusaha untuk setidaknya memperoleh gol balasan dan hal itu nyaris terjadi tiga menit jelang bubaran waktu normal, sayangnya Alisson pamer kepiawaian dengan dua penyelamatan beruntun dalam situasi kemelut di depan gawang menghalau percobaan Ben Gibson serta Adam Idah.

Kedua tim akan melanjutkan penampilan mereka pada Sabtu (21/8) pekan depan, saat Norwich bertandang ke Etihad menghadapi juara bertahan Manchester City dan Liverpool menjamu Burnley di Anfield.

Baca juga: Brentford pecundangi Arsenal di pembukaan Liga Premier Inggris 2021/22
Baca juga: Newcastle dipastikan rekrut Joe Willock dengan kontrak enam tahun


 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Direksi TVRI patahkan alasan Dewas pecat Helmy soal tayangan asing

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar