Diperlukan dukungan semua kekuatan, termasuk partai politik, untuk bersatu padu bersama pemerintah dalam penanganan COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani menegaskan bahwa partainya mendukung penuh upaya pemerintah mencapai target vaksinasi COVID-19 agar tercipta kekebalan kelompok (herd immunity).

Oleh karena itu, menurut dia, Gerindra menggelar vaksinasi bagi masyarakat umum di 22 titik Provinsi Banten mulai Sabtu (14/8) hingga Minggu dalam rangka mendukung upaya pemerintah menekan penyebaran COVID-19 dan tercapainya herd immunity.

"Kami menggelar program Vaksinasi dalam rangka ikut bersama sama mendukung pemerintah untuk menekan penularan COVID-19 yang jumlahnya terus meningkat, termasuk mempercepat upaya untuk mencapai herd immunity," kata Muzani dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu.

Muzani mengatakan hal itu ketika memantau kegiatan vaksinasi di dua titik wilayah, yaitu area lapangan parkir Hotel Atria, Sumarecon, Kabupaten Tangerang dan perumahan Citra Permai, Serpong, Tangerang Selatan, Sabtu (14/8).

Wakil Ketua MPR RI itu menjelaskan bahwa Gerindra sebagai kekuatan partai politik memiliki tanggung jawab untuk mendukung segala bentuk kebijakan pemerintah dalam rangka penanganan COVID-19 di Indonesia.

Oleh karena itu, partainya telah memerintahkan kepada seluruh komponen di DPR dan DPRD provinsi serta kabupaten/kota untuk mendukung dan memberikan persetujuan terhadap kebijakan yang diperlukan terkait dengan penanganan pandemi ini.

"Di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, kami sudah perintahkan untuk mendukung semua kegiatan pemerintah yang dimaksudkan untuk mencegah COVID-19. Itu termasuk refocusing anggaran juga kami dukung melalui DPRD," ujarnya.

Bagi masyarakat yang terpapar COVID-19, lanjut dia, diberikan bantuan paket obat selama isolasi mandiri (isoman).

Sementara itu, bagi rakyat yang terdampak kesulitan ekonomi dan kehilangan pekerjaan, diberikan bantuan sembako dan kebutuhan pokok lainnya.

"Dengan kapasitas terbatas, kami juga telah memerintahkan kepada seluruh anggota DPR dan DPRD dari Gerindra agar turun langsung ke daerah pemilihannya masing-masing untuk memberikan bantuan tersebut secara langsung," katanya.

Muzani juga meminta kepada pengurus DPD Gerindra di 34 provinsi agar bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat untuk menggelar program Vaksinasi.

Langkah itu,  menurut dia, sangat diperlukan karena COVID-19 merupakan beban yang berat dan kompleks sehingga diperlukan dukungan semua kekuatan, termasuk partai politik, untuk bersatu padu bersama pemerintah agar penanganannya berjalan komperhensif.

Melihat antusiasme warga Banten yang mengikuti program Vaksinasi cukup tinggi, kata Sekretaris DPD Gerindra Provinsi Banten Andra Soni mengatakan, partainya akan mengupayakan program Vaksinasi selanjutnya.

Menurut dia, saat ini DPD Gerindra Banten bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Banten menggelar vaksinasi di 22 titik yang tersebar di daerah ini dengan sasaran 4.000 orang.

Ketua DPRD Provinsi Banten itu mengatakan bahwa pihaknya berencana vaksinasi tahap dua  28 hari ke depan setelah dosis pertama, 11 September.

Menurut dia, partainya mendukung upaya Pemerintah Provinsi Banten untuk mempercepat dan menyukseskan program vaksinasi agar tercapai kekebalan kelompok di provinsi tersebut.

Baca juga: Luhut naikkan target vaksinasi di Bogor jadi 100 ribu per hari

Baca juga: Pemkot Medan paparkan strategi tanggulangi COVID-19


Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021